20 ribu karyawan Facebook bisa intip 600 juta kata sandi pengguna

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 22 Mar 2019 09:07 WIB

Seorang karyawan senior Facebook mengatakan bahwa kata sandi yang disimpan dalam teks biasa tersebut sudah dibuat semenjak 2012 silam.

facebook (pexels)

Facebook kembali diterpa kabar mengenai adanya potensi pelanggaran privasi pengguna dalam platform mereka. Pada Januari lalu mereka mengakui adanya temuan sandi pengguna yang tersimpan dalam teks biasa di server milik mereka.

Dalam sebuah pernyataan resmi, melalui Engadget (22/3), perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg tersebut mengatakan akan memperingati semua pengguna yang kata sandinya tersimpan dalam teks biasa.

Mereka juga mengakui, kata sandi ini tidak hanya milik mereka yang menggunakan Facebook reguler. Ada jutaan pengguna Facebook Lite terancam kena imbas yang sama.

Perwakilan Facebook menegaskan, bahwa mereka sedang melakukan berbagai upaya untuk mencari tahu bagaimana hal ini bisa terjadi, sembari mengamankan data tersebut. Mereka mengatakan, data ini akan menjadi bencana jika jatuh ke tangan yang salah.

Anehnya, perwakilan salah satu media sosial terbesar ini mengmengaku bahwa mereka tidak menemukan kejanggalan akses baik dari luar atau dalam perusahaan.