Review Nokia C3, cukup buat sehari-hari

Oleh: Erlanmart - Senin, 28 Des 2020 18:30 WIB

Nokia C3 merupakan ponsel kelas entry yang dilengkapi dengan prosesor Unisoc octa-core. Ada pula tombol khusus untuk mengaktifkan Google Assistant.

Nokia C3 hadir sebagai ponsel kelas pemula dengan prosesor Unisoc octa-core. Spesifikasi hardware lainnya adalah kapasitas RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Jika menurut kamu kapasitas penyimpanan internal 16 GB kurang besar, maka tersedia penyimpanan eksternal berupa slot micro SD. Sedangkan sistem operasi Nokia C3 adalah Android 10. Berikut adalah hasil ulasan yang saya lakukan terhadap ponsel buatan HMD Global tersebut.

Bodi bisa dibongkar

Ponsel ini hadir dengan dua warna, yakni Nordic Blue dan Sand. Kebetulan unit Nokia C3 yang saya ulas di sini memiliki warna Nordic Blue. Sesuai namanya, warna tersebut memiliki dominasi warna biru. Tidak ada aksen desain apa pun di bagian belakang ponsel ini hanya warna biru polos. Seperti ponsel berharga terjangkau kebanyakan di pasar, bodinya tidak dilengkapi dengan bahan yang mengkilap.

Ya, Nokia C3 menggunakan bahan matte di bagian belakangnya, maka terasa asik di tangan tanpa gangguan licin. Kalian pasti sudah pada tahu jika karakteristik bahan matte tidak akan meninggalkan noda sidik jari. Dimensi Nokia C3 adalah 159,9 x 77 x 8,69 mm serta bobot yang tidak terlalu berat dengan hanya 184 gram.

Sisi kanan ponsel ini terdapat tombol volume dan tombol daya. Meski demikian, bukan berarti di sisi kiri Nokia C3 tidak ada tombol apa pun. Pasalnya, ada satu tombol yang berfungsi untuk mengakses Google Assistant. Bisa dibilang tombol ini jarang ada pada ponsel kelas pemula.