Harga murah, suara hampir alami

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 28 Jul 2018 08:00 WIB

Di sini saya akan mengulas earphone SoundMagic ES18. Merek tersebut memang agak terdengar asing. Namun bagaimana kualitas suaranya?

Seiring dengan semakin banyaknya smartphone yang menawarkan pemutar musik andal, para penggunanya juga sering mendengarkan musik lewat perangkat tersebut, apalagi saat ini sudah banyak tawaran aplikasi streaming musik seperti Spotify. Namun, entah untuk mengurangi biaya produksi atau hal lain, membeli smartphone baru tidak selalu disertakan oleh earphone di dalam kemasannya. Salah satu pabrikan earphone asal China, SoundMagic menawarkan produk terjangkau yang salah satunya dapat digunakan untuk mengatasi masalah absennya earphone ketika membeli smartphone baru.

Desain

Tidak banyak yang dapat dideskripsikan untuk desain SoundMagic ES18. Pasalnya, earphone yang menganut tipe in-ear tersebut dirancang secara simpel tanpa desain khusus agar mengikuti anatomi telinga. Artinya, tidak ada perbedaan bentuk antara unit driver kiri dan kanan seperti earphone Panasonic Ergofit. Dengan demikian, Anda dapat memakai unit driver kanan di telinga sebelah kiri atau sebaliknya.

Pemakaian yang terbalik tidak akan menjadi masalah selama Anda menggunakannya untuk mendengarkan musik. Pasalnya, jika digunakan untuk menonton video, efek suara dan gambar tidak akan menghadirkan pengalaman yang terlalu baik. Berbicara tentang orientasi kiri dan kanan, SoundMagic menandainya di unit driver untuk pemakaian di masing-masing telinga.

Pertama kali saya membuka ES18 dari kemasannya, kedua kabel unit driver menyatu. Anda harus memisahkannya secara manual sesuai selera. Namun Anda jangan takut terlalu panjang memisahkan kabelnya tersebut karena ada penahan di sekitar 1/4 bagian kabelnya. Setelah memisahkan masing-masing kabel unit driver, Anda tidak dapat menyatukannya kembali. Sistem kabel tersebut membuat saya teringat dengan earphone awal tahun 90-an, waktu pemutar kaset portabel masih merajalela, salah satunya adalah Sony Walkman.