Begini rasanya punya penyimpanan cloud pribadi

Oleh: Erlanmart - Minggu, 17 Jun 2018 08:00 WIB

WD My Cloud Home Duo hadir dengan dua Hard Disk Drive (HDD) dan secara default terkonfigurasi untuk RAID 1, atau juga dikenal sebagai mirroring.

Pada era yang serba terkoneksi seperti saat ini, penyimpanan berbasis cloud bisa dikatakan semakin populer. Untuk memanfaatkan keadaan tersebut serta menawarkan pengguna alternatif untuk layanan seperti Google Drive dan Dropbox, Western Digital (WD) menghadirkan perangkat penyimpanan cloud pribadi, salah satunya adalah My Cloud Home Duo.

Seperti namanya, WD My Cloud Home Duo hadir dengan dua Hard Disk Drive (HDD) dan secara default terkonfigurasi untuk RAID 1, atau juga dikenal sebagai mirroring. Dalam mode ini, salah satu HDD diatur untuk menyamai konten dari HDD yang lainnya. Dengan demikian, memastikan bahwa data Anda selalu terduplikasi dan tentu saja aman.

Desain dan pengoperasian

WD menghadirkan My Cloud Home Duo untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun hanya rumahan. Memiliki ukuran dimensi 102 x 160 x 179 mm, perangkat tersebut memiliki perawakan yang tidak terlalu besar. Bentuk yang diberikannya juga sangat sederhana dengan persegi tanpa lekukan dengan dua warna, yaitu putih polos serta glossy di bagian atas dan warna silver di bagian bawah bodi yang dilengkapi dengan pola menarik perhatian sehingga penyimpanan cloud ini terlihat menarik diletakkan di sudut ruangan.

Antara bodi warna putih dan silver, ditengahnya ada lampu indikator LED. Lampu ini berwarna putih yang dilengkapi penerangan dengan ritma tertentu untuk memberi tanda kondisi sistem My Cloud Home Duo. Misalnya, jika lampu menyala stabil tanpa berkelip, artinya perangkat siap digunakan tanpa ada masalah apapun. Jika lampu berkelip perlahan, salah satunya adalah menandakan bahwa Home Duo sedang melakukan proses booting. Namun jika lampu berkelip dengan cepat, artinya perangkat sedang membutuhkan perhatian karena sedang mengalami error.