Studi Vero: Newsfluencer Jadi Jembatan Baru antara Media dan Publik di Era Digital
Studi Vero ungkap peran newsfluencer sebagai jembatan antara media dan publik, membawa cara baru masyarakat mengonsumsi berita di era digital.
Lanskap pemberitaan di Indonesia terus berevolusi seiring munculnya fenomena baru: newsfluencer, generasi kreator digital yang menggabungkan jurnalisme dan pengaruh media sosial untuk menjembatani arus informasi dengan publik.
Temuan ini diungkapkan dalam studi regional terbaru dari Vero, yang menyoroti peran newsfluencer sebagai bagian penting dalam ekosistem informasi modern.
Newsfluencer hadir bukan untuk menggantikan media arus utama, tetapi memperluas cara publik memahami isu-isu sosial, politik, dan budaya dengan pendekatan yang lebih dekat, ringan, dan kontekstual.
Senior Advisor Vero untuk ASEAN Chatrine Siswoyo mengatakan, newsfluencer mencerminkan cara baru masyarakat menerima informasi, sekaligus menambah dimensi baru dalam lanskap pemberitaan di Indonesia.
“Audiens Asia Tenggara kini menuntut informasi yang cepat, mudah diakses, dan menarik. Kreator berita ini mampu menyederhanakan isu kompleks menjadi narasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari,” katanya.