Mei nanti iklan Facebook bakal bikin tambah pusing

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Selasa, 30 Apr 2019 16:21 WIB

Beberapa hal penting dalam platform Facebook. Bahkan perubahan konfigurasi server bisa jadi pertanda ada perubahan struktur masif di layanan Facebook.

Pada 13 Maret 2019, tiga layanan Facebook yakni, Facebok, Instagram, dan WhatsAap runtuh bersamaan. Kejadian berlangsung di seluruh bagian dunia selama kurang lebih dua jam lamanya.

Dalam laporan Business 2 Community (10/4), kejadian ini diduga akibat dari perubahan layanan iklan mereka. Memang, pada halaman Facebook Business, mereka telah mengumumkan perubahan baru dalam struktur penilaian iklan Facebook, yang akan berlaku per 30 April 2019.

Apa yang dihadapi oleh Facebook dan platform turunannya saat ini merupakan imbas dari penurunan performa dua tahun belakangan ini. Pada Mei-Juli 2018, menurut laporan penelitian independen We Are Social, jumlah klik pada iklan Facebook menurun 20% dibanding Mei-Juli 2017. Masih dalam laporan yang sama, Periode Mei-Juli 2018 rata-rata klik iklan di Facebook hanya 8 iklan per bulan. Sementara pada Mei-Juli 2017, rata-ratanya berjumlah 10 iklan per bulan.

Penting untuk dicatat bahwa perubahan ini hanya berkaitan dengan perilaku pengguna, dan tidak selalu merupakan indikasi adanya perubahan dalam keberhasilan periklanan Facebook. Iklan Facebook dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti, meningkatkan jangkauan dan kesadaran (awareness) merek tertentu. Tentu dalam kasus ini, pengguna tidak perlu mengklik iklan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Akibatnya, perubahan ini mungkin tidak memiliki dampak langsung pada pendapatan Facebook, tetapi pengiklan dan investor perlu mengawasi angka-angka ini selama beberapa bulan mendatang untuk melihat apakah tren tersebut merupakan awal dari penurunan yang sedang berlangsung.

Perhitungan skor relevansi yang baru