Vivo Apex 2020: bawa segudang inovasi

Oleh: Hieronimus Patardo - Jumat, 28 Feb 2020 18:10 WIB

Vivo Apex 2020 hadir dengan sejumlah inovasi dari perusahaan, mulai dari layar lengkung 120 derajat, wireless charging hingga kamera di bawah layar.

Source: YouTube

Mobile World Congress sejatinya menjadi ajang di mana banyak vendor memamerkan teknologi terbarunya, termasuk Vivo. Biasanya perusahaan asal Tiongkok ini memperkenalkan produk Apex di ajang MWC 2020. Kendati begitu, hal ini tidak menghentikan Vivo untuk menunjukkan sejumlah fitur yang dimiliki Apex 2020.

Smartphone purwarupa dari Vivo ini diketahui hadir dengan layar berukuran 6,45 inci. Vivo menyebutnya dengan Fullview Egdeless yang memiliki resolusi FHD. Layar ini memiliki layar melengkung pada sisinya dengan sudut lengkungan sebesar 120 derajat. Seperti Apex 2019, kali ini Vivo kembali memberikan smartphone tanpa port dan slot serta tombol virtual. 

Versi ini juga hadir tanpa notch. Untuk itu, Vivo menyematkan kamera depan 16MP di bawah layarnya. Ini pertama kalinya perusahaan asal Tiongkok itu berhasil melakukan hal tersebut. Vivo mengklaim berhasil meningkatkan transmisi cahaya ke kamera di bawah layar tersebut hingga enam kali lipat sambil mengandalkan algoritma untuk meningkatkan kualitas gambarnya. 

Sampai saat ini, teknologi kamera di bawah layar masih belum terdapat di smartphone konsumen. Artinya teknologi ini baru sebatas purwarupa saja. Ada beberapa kendala yang harus dihadapi agar teknologi ini siap diproduksi massal.