Samsung Galaxy Note 8, kekuatannya ada di S Pen

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Senin, 25 Sep 2017 15:36 WIB

Tanpa S-Pen, Samsung Galaxy Note 8 bisa apa? Saya sempat mencobanya sedikit.

Hari ini, saya diberi kesempatan mencicipi sedikit fitur-fitur Samsung Galaxy Note 8 yang resmi rilis di Indonesia (25/9). Fitur-fitur kunci apa saja yang digadang-gadang jadi nilai jual produk ini?

S Pen masih jadi andalan
Bicara soal Samsung Galaxy Note 8, tidak pernah lepas dari S Pen. Benda ini memang bukan sekadar aksesori dan kini fiturnya makin padat di Galaxy Note 8.

Kemampuan yang dulu disimpan di Galaxy Note 7 hadir lagi, seperti translate beragam bahasa. Saya mencobanya menerjemahkan teks dari huruf Kanji dan Hiragana Jepang. Memang, tata bahasanya belum sempurna, namun masih bisa bisa dipahami sebagian besar maknanya.

Bagi desainer, S Pen sangat cocok untuk digunakan menangkap inspirasi gambar dan desain dalam kepala. Pengalaman menggambar dengan S Pen mirip seperti menggunakan pensil pada umumnya. Semakin lemah tekanan, makin tipis garis yang tersirat. Sebaliknya, makin kuat tekanannya, makin tebal garis yang kita buat. Hanya perlu sedikit adaptasi dengan licinnya layar Galaxy Note 8 yang berbeda sama sekali rasanya dengan selembar kertas.