Menjajal Redmi 9C yang baru meluncur di Indonesia

Oleh: Erlanmart - Rabu, 09 Sep 2020 15:04 WIB

Awal saya membuka kemasannya, hampir tidak terlihat jika ponsel yang berbobot 196 gram ini masuk ke dalam kelas entry-level.

Hari ini (9/9) Xiaomi baru saja meluncurkan ponsel terbaru mereka dengan nama Redmi 9C di Indonesia. Kebetulan ponsel tersebut sudah ada di tangan saya, dan saya sudah menjajal sebentar ponsel terbaru dari Xiaomi tersebut.

Awal membuka kemasannya, hampir tidak terlihat jika ponsel yang berbobot 196 gram ini masuk ke dalam kelas entry-level. Tetapi setelah saya melihat bahwa port pengisian baterai Redmi 9C masih menggunakan micro-USB, barulah kesan entry-level pada ponsel ini terasa.

Port pengisian daya (yang juga berfungsi sebagai transfer data) terdapat di sisi bawah ponsel. Ia terletak bersamaan dengan mikrofon dan speaker. Speaker ini terletak di sisi bawah bagian kanan, ini cukup menguntungkan ketika kamu bermain game berorientasi lansekap karena menghindarinya tertutup dengan telapak tangan. Sedangkan port jack audio 3,5mm ada di bagian atas. Nah, karena port audio ini terlalu di pinggir, kemungkinan akan menganggu tangan sebelah kiri ketika bermain gim pada orientasi lansekap.

Baik tombol volume maupun tombol daya keduanya ada di sisi sebelah kanan ponsel. Sedangkan di sisi sebelah kiri ada tray untuk penempatan kartu SIM dan kartu microSD. Sebagai catatan, seluruh SIM 1, SIM 2, dan microSD memiliki masing-masing slot. Ini mungkin menguntungkan bagi sebagian orang yang menggunakan dua kartu sim dan ingin menambahkan kapasitas penyimpanan.

Bagian belakang Redmi 9C terbuat dari material plastik. Tetapi Xaiomi dapat menanggulanginya agar tidak terlalu terlihat seperti ponsel kelas bawah. Pasalnya, desain di bagian belakangnya terdapat garis-garis melengkung sehingga tidak terlalu polos. Pola garis tersebut juga agak terasa ketika saya menyentuhnya. Warna ponsel Redmi 9C yang saya pegang adalah biru matte, sehingga noda sidik jari tidak akan mudah menempel.