Tesla Semi siap merusak dominasi truk diesel

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Jumat, 17 Nov 2017 18:50 WIB

Tesla Semi adalah janji Elon Musk yang terwujud di segmen transportasi jarak jauh.

Tesla akhirnya resmi memperkenalkan truk semi-trailer, Tesla Semi, di California (16/11). Ini akan menjadi unit bisnis baru yang menantang bagi Tesla.

CEO Tesla Elon Musk sebenarnya menjanjikan kehadiran "hewan buas" ini lewat sebuah tweet, 14 September kemarin. Kenyataannya, janji tersebut baru terwujud bulan ini karena Tesla sibuk membantu proyek membangun ulang sumber daya listrik Puerto Rico yang terhantam angin topan, Maria, September kemarin. 

Tesla Semi merupakan kendaraan dengan bobot lebih dari 16 ton. Dikutip dari laporan TechCrunch (16/11), truk elektrik ini bisa capai kecepatan dari 0 ke 96 km/jam hanya dalam waktu 5 detik. Dengan beban maksimal 40 ton, tarikan dari 0-98 km/jam bisa dicapai dalam 20 detik. Soal tanjakan, Tesla mengklaim truk Semi ini bisa menanjak di kecepatan 104 km/jam.

Tesla Semi bisa menempuh jarak 804 kilometer dengan beban maksimalnya. Ini jauh dari perkiraan beberapa beberapa media bahwa jarak tempuh Tesla Semi hanya 482 kilometer. Di lain sisi, bila tangki tenaga listriknya penuh, Tesla Semi bisa membawa Anda hingga jarak sejauh 1.500 kilometer. Tesla juga mengklaim mampu menyaingi responsivitas dan handling truk bertenaga diesel konvensional.