Seberapa sulit melakukan pendaratan di Mars?

Oleh: Hieronimus Patardo - Selasa, 11 Des 2018 11:20 WIB

Pendaratan di Mars digambarkan sebagai enam menit yang penuh dengan teror. Sebenarnya, seberapa sulit melakukan pendaratan di planet merah itu?

Source: Google

Elon Musk beberapa waktu lalu menyatakan akan membangun pangkalan di Mars. Selanjutnya, pangkalan tersebut akan digunakan sebagai tempat tinggal koloni manusia. Bahkan, dia menyatakan, sekitar lebih dari 70 persen kemungkinan dirinya akan ikut meluncur ke Mars.

Namun, untuk bisa sampai dengan selamat ke Mars tidak semudah membalik telapak tangan. Ada beberapa faktor yang menjadikan planet merah tersebut lebih berbahaya ketimbang planet lain yang pernah diteliti manusia.

DIlansir dari TechInsider (11/12), dari seluruh total pendaratan yang pernah dilakukan, hanya 40 persen yang berhasil dengan selamat. Sisanya mengalami kegagalan. Padahal, dibanding planet lainnya, lanskap Mars terbilang lebih mudah dengan banyaknya kontur datar dan landai. Di Mars pun tidak terdapat awan beracun seperti di Venus.

Justru bukan lanskap yang menjadi kendala mendarat di Mars, melainkan atmosfer Mars. Untuk diketahui, atmosfer Mars tidak seperti Bumi. Tekanan atmosfir Bumi dikatakan 100 kali lebih besar daripada Mars. Hal inilah yang akan mempengaruhi proses pendaratan.

Dr.Firouz Naderi, seorang staf program Mars di NASA menyebutkan bahwa pendaratan di Mars merupakan enam menit yang penuh dengan teror. Rendahnya atmosfer Mars membuat minimnya jumlah gesekan untuk memperlambat laju jatuhnya suatu benda. TechInsider mencoba membandingkannya dengan kegiatan skydiving.