Selain pawang hujan, ini beberapa cara memanipulasi cuaca

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 21 Mar 2022 18:05 WIB

Ternyata, selain menggunakan pawang hujan, ada beberapa teknologi yang dapat membantu memanipulasi hujan.

Source: MotoGP

Media sosial saat ini sedang ramai membicarakan mengenai kehadiran pawang hujan di ajang internasional Moto GP yang berlangsung Minggu (20/3). Kehadiran sosok Rara Istiani Wulandari sebagai pawang hujan di sirkuit Mandalika tersebut mengundang perhatian banyak perhatian, terutama media luar negeri baik di Instagram, Twitter, dan media lainnya, termasuk akun resmi MotoGP.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Aksi yang dilakukan Rara di tengah sirkuit memang terbilang unik dan menarik. Sebab, tak sering saudara-saudara kita di luar Indonesia yang melihat atraksi yang satu ini. Dan harusnya kita bangga dengan salah satu ritual yang menjadi salah satu dari jutaan budaya yang melekat di Indonesia.

Tapi, berbicara mengenai cuaca, ternyata sejarah sudah mencatatkan bahwa ilmu sains telah mempelajari cara mengontrol cuaca loh. Dan di zaman modern ini, sudah ada beberapa teknik yang dapat dilakukan selain menjalankan ritual seperti yang dilakukan Rara kemarin.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas beberapa teknologi yang disebut bisa mengontrol cuaca sesuai dengan kebutuhan lho. Penasaran? Yuk kita simak teknologi-teknologinya berikut ini!