Metode baru untuk mengubah panas tubuh menjadi listrik

Oleh: Dommara Hadi S - Minggu, 08 Okt 2017 15:37 WIB

Profesor Jun Chen dari University of Wolongong sedang mengembangkan metode baru untk menghasilkan listrik dari panas tubuh.

Energi panas bukanlah barang baru bagi ilmu pengetahuan. Dunia merasakan dampak yang besar saat ilmuwan menemukan cara bagaimana cara mengkonversi energi panas menjadi listrik. Kini, ribuan Solar Panel sudah mulai ramai digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Dari situlah ilmuwan terus mengembangkan apa saja yang bisa dimaksimalkan dengan menggunakan energi panas tersebut. Profesor Jun Chen dari University of Wollongong mengungkapkan penelitiannya tentang mengubah panas tubuh menjadi listrik.

Pada ajang 2017 Big Ideas Festival, Profesor Jun Chen mengatakan, penelitiannya didasarai oleh sebuah penelitiannya pada delapan tahun silam. Dia bersama tim beranggotakan ilmuwan dari seluruh dunia ditugaskan untuk memelajari bagaimana memanfaatkan panas yang terbuang dari pipa pada industri perminyakan.

Bersama tim yang berbeda ARC Centre of Excellence fot Electromaterials Science (ACES), dia kemudian memikirkan cara lain untuk menangkap panas untuk diubah menjadi energi baru, termasuk panas tubuh pada manusia.