Kenapa robot humanoid yang bisa salto penting bagi kita?

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Senin, 20 Nov 2017 15:38 WIB

Robot humanoid yang bisa salto menunjukkan bahwa robot tidak lama lagi akan jadi bagian dari keseharian kita.

The Verge (17/11), menulis artikel dengan judul, satu salto kecil dari sebuah robot, adalah lompatan salto yang besar bagi umat manusia. Judul yang sedikit mirip dengan kata-kata Neil Armstrong ketika mendarat di Bulan pertama kali, 1969.

Video yang ditunjukkan Boston Dynamics di YouTube, memang sebuah kemajuan besar bagi bidang robotika. Namun apa pentingnya bagi umat manusia?

Perlu Anda ketahui, untuk membuat robot bisa berjalan saja sudah sangat sulit. Apalagi membuat robot yang bisa salto ke belakang (backflip). Pada 2015 silam, robot Asimo buatan Honda saja jatuh saat demo menaiki anak tangga di depan banyak orang.

Salto adalah sesuatu yang sangat-sangat luar biasa bagi sebuah robot. Ini berarti, insinyur-insinyur di belakang Boston Dynamics berhasil membuat mekanisme dan software yang nyaris mendekati kemampuan motorik dan feeling manusia merasakan keseimbangan. Bahkan ketika Atlas, si robot salto, jatuh karena tidak seimbang saat mendarat, ia jatuh persis seperti manusia yang baru pertama kali belajar salto.

Intinya, bila robot humanoid ini bisa salto, maka tentunya semua gerakan dasar bisa gampang diprogram ke dalam robot ini. Insinyur senior dari CSIRO Robotics Research Group, Ryan Steindl, mengatakan "Seperti halnya perlombaan untuk mendarat di bulan. Setelah itu, kita bisa menggapai orbit dengan mudah," ujarnya.