Fondasi internet terancam bahaya Desember 2017 ini

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Kamis, 23 Nov 2017 10:15 WIB

Anggota komisi Federal Communication Commission (FCC) akan melakukan pemungutan suara, 14 Desember 2017 terkait Internet Netral.

Masa depan internet mungkin akan terusik 14 Desember nanti. Kabar dari Popular Science (22/11) mengatakan, Netralitas Internet (Net Neutrality) terancam oleh komite Federal Communication Commission (FCC). Direktur FCC, Ajit Pai, merupakan orang yang ingin mengubah filosofi fundamental internet ini. Langkah ini bisa jadi kehancuran bagi prinsip Netralitas Internet yang telah menyokong internet hampir 20 tahun terakhir ini.

Berdasarkan laporan New York Times (22/11), FCC sedang mempersempit prinsip Netralitas Internet yang proaktif. Aturan yang dimaksud adalah mengharuskan penyedia layanan broadband memberi akses yang setara bagi konsumen ke semua konten di dalam internet.

Bila aturan ini berubah akan memberikan kekuatan lebih banyak ke tangan operator penyedia internet, dan memudahkan mereka mendikte pengalaman online seseorang.

Julius Genachowski, mantan pejabat FCC dari Partai Demokrat mengatakan, "Netralitas Internet tidak cacat, kenapa harus diperbaiki?" ujarnya seperti dikutip dari New York Times (21/11).