Review Messiah, serial biasa yang bikin kecanduan

Oleh: Insaf Albert Tarigan - Senin, 06 Jan 2020 13:12 WIB

Bagaimana jika ada seseorang yang bisa berjalan di atas air, mengirimkan badai, membangkitkan orang mati, dan dipanggil Al-masih oleh para pengikutnya?

Serial Messiah season 1 sudah tayang di Netflix.

Apa jadinya jika Lucifer, sang penguasa Neraka, bosan dengan pekerjaannya dan berkelana di Los Angeles? Anda yang mengikuti serial Lucifer di Netflix atau layanan rental video lainnya pasti sudah tahu jawabannya. Serial yang sudah memasuki musim ketiga itu menceritakan sosok Lucifer sebagai pembantu polisi untuk mengungkap kasus-kasus pembunuhan pelik. 

Tiap episode selalu ada kasus baru, ditambah bumbu konflik keluarga Lucifer. Konflik itu menghadirkan tokoh lain, yakni Amenadiel, saudaranya sekaligus malaikat kesayangan Tuhan, Tuhan yang dia sebut dengan "Ayahku", dan Ibunya. Ya, Tuhan ternyata menikah, dan punya banyak anak.

Nah, di Messiah, Netflix menawarkan imajinasi baru. Bagaimana jika ada seseorang yang bisa berjalan di atas air, mengirimkan badai, membangkitkan orang mati, dan dipanggil Al-masih oleh para pengikutnya?

Siapakah yang akan dengan cepat mempercayai bahwa dia adalah Isa Al-masih? Siapa yang akan justru curiga bahwa dia nabi palsu dan mulai menyelidikinya?

Ide ini tentu lebih dekat dengan miliaran manusia di Bumi karena cerita tentang kedatangan kedua Yesus Kristus atau Isa Al-Masih pada akhir zaman bukan hal asing, setidaknya bagi pengikut agama Kristen dan Islam.