Pixar lahir dari kegagalan Marvel pada film Howard the Duck

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 20 Mei 2020 13:14 WIB

Kegagalan Howard the Duck melahirkan Pixar yang sekarang namanya tidak asing lagi di industri perfilman.

Source: ScreenRant

Lahirnya film Howard the Duck bukanlah momen membanggakan bagi Marvel. Film yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1986 itu merupakan kegagalan terbesar bagi Marvel. Film solo tersebut diadaptasi dari salah satu karakter teraneh di komik marvel dengan nama yang sama. Namun, kegagalan inilah yang melahirkan sebuah studio yang kini namanya melalang buana di industri perfilman yakni Pixar.

Disutradarai oleh Willard Huyck, Howard the Duck diperankan oleh dua aktor sekaligus, yaitu Ed Gale dan Jordan Prentice. Suaranya yang unik diisi oleh Chip Zien. Howard the Duck berasal dari planet Duckworld, dan saat itu mendarat di Cleveland. Di sana ia bertemu rocker Beverly (Lea Thompson) yang kemudian menjadi sahabatnya dan dikenalkan kepada Phil (Tim Robbins), yang bekerja dengan Dr. Jenning (Jeffrey Jones). Ia berusaha mengirim Howard kembali ke planetnya, namun justru roh jahat yang dipindahkan ke dalam tubuhnya.

Entah karena buruknya kualitas animatronik dari film atau hal lainnya, Howard the Duck tidak menghasilkan finansial yang baik, bahkan kritis. Di sisi lain, film yang membawa bencana bagi Marvel ini, justru memberikan warisan pada jejak sejarah terbentuknya Pixar.

Terbentuknya Pixar berkat Howard the Duck