Menjamurnya tren aplikasi Musical.ly hingga Tik Tok di Indonesia

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 08 Jun 2018 13:13 WIB

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi Musical.ly atau Tik Tok yang saat ini digandrungi oleh pengguna smartphone, khususnya generasi milenial

(Foto: GottaBeMobile)

Era digital membuat banyak orang semakin kreatif. Betapa tidak bermacam tren dari berbagai negara dan budaya dengan mudah dibagikan dan diviralkan hanya melalui aplikasi atau media sosial. Hadirnya smartphone juga seolah membuat banyak pengguna internet latah dengan tren yang sedang berkembang.

Industri musik sempat disebut tergerus di era digital karena hadirnya aplikasi streaming yang memudahkan pengguna mendengarkan musik tanpa harus membeli kaset CD maupun DVD. Namun sisi positifnya, musik menjadi lebih mudah didistribusikan dan dikenal oleh banyak kalangan.

Aplikasi lain yang juga memanfaatkan musik kini tengah menjadi tren di Indonesia. Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi Musical.ly atau Tik Tok yang saat ini digandrungi oleh pengguna smartphone, khususnya generasi milenial.

Musical.ly lebih dulu hadir populer di Indonesia. Pasalnya aplikasi itu memang lebih dahulu tersedia di toko aplikasi sejak 2015 lalu. Musical.ly yang disebut sebagai aplikasi studio mobile itu memungkinkan pengguna untuk membuat video lip sync dengan tempo cukup cepat dan gaya kreatif mereka. Video tersebut kemudian dibagikan di platform Musical.ly dan bisa dilihat oleh pengguna lain.

Pada 2017, video-video yang dihasilkan melalui aplikasi Musical.ly tersebar di berbagai media sosial. Dengan berbagai keunikan pengguna, video ini memang dengan cepat viral dan mengundang banyak like.