Cara-cara mengakali misteri algoritma Instagram 2019

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Minggu, 30 Jun 2019 17:41 WIB

Ini penting buat influencer maupun agensi dan brand yang menggantungkan aktivitas mereka di Instagram. Misteri Algoritma Instagram 2019 layak kita pecahkan.

Sebuah thread di stories Instagram akun agensi mengeluh, algoritma Instagram tahun ini, utamanya selepas Ramadan 2019, jadi mukan susah. Pola ini biasa terjadi pasca Ramadan, tapi lekas membaik setelahnya. Hanya saja, ada yang aneh kali ini. Lepas Ramadan dan masuk bulan Syawal, performa Instagram tidak menunjukkan tanda-tanda keberpihakan. Apa sih yang sebenarnya terjadi?

Menelusuri fenomena ini, ternyata benar ada perubahan mayor di Instagram, sehingga pengguna susah mendapatkan like, eksposur (reach dan impresi), seperti biasanya.

Menurut laporan platform Hootsuite, tujuan utama Instagram di 2019 ini mengalami perubahan. Mereka ingin penggunanya lebih lama menghabiskan waktu di dalam platform mereka. Karena dengan begitu, mereka akan terpapar iklan lebih banyak, dan tentu ini berarti keuntungan buat Instagram. Jadi secara langsung atau tidak, akun yang mendukung tujuan utama Instagram ini terkena imbas perbuahan algoritman.

Untuk membuatnya lebih terang lagi, setahun lalu, pada Juni 2018, Product Lead Instagram, Julian Gutman, mengajak jurnalis untuk bertemu di sebuah konferensi perss, di San Fransisco. Ini untuk menerangkan miskonsepsi mengenai misteri algoritma Instagram yang berubah.

Pada dasarnya, Instagram membuat tanda unggulan untuk menentukan rangking di feed. Algoritma ini dikenal sebagai Ranking Signals. Ada tiga tanda utama yang menjadi highlight.