5 hal yang pasti berbeda dari Oscar 2021

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 11 Mar 2021 10:12 WIB

Upacara ajang penghargaan kali ini pastinya akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya ketika pandemi belum ada.

Source: ScreenRant

Bukan hal yang mengejutkan kalau kini, beberapa acara penghargaan akan digelar secara berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini terkait pandemi virus Corona yang sudah mempengaruhi industri hiburan, khususnya perfilman. Dengan terpengaruhnya industri, maka Oscar seterusnya akan diselenggarakan seperti standar baru yang ditetapkan di 2021.

“Oscar yang akan datang adalah kesempatan yang tepat untuk inovasi dan membayangkan kembali kemungkinan untuk pertunjukan penghargaan,” kata Presiden Academy of Motion Pictures Arts and Sciences dilansir dari ScreenRant (11/3).

Pengungkapan ini membuat penonton bertanya-tanya, apa saja inovasi baru yang hadir untuk Oscar yang akan datang. Akankah pembawa acara akan berbicara dari panggung yang sama atau akankan selanjutnya terus dilakukan secara virtual? Nah, berikut hal-hal baru yang akan dilakukan pada Oscar selanjutnya.

  • Mempertimbangkan film yang dirilis 1 Januari 2020 - 28 Februari 2021

Kita semua tahu, tradisi Oscar dalam memilih film adalah yang rilis pada 1 Januari hingga akhir Desember pada tahun yang sama. Mengingat 2020 merupakan tahun yang unik, terjadi perubahan besar di mana ajang penghargaan akan mempertimbangkan film-film yang dirilis dari Januari hingga Februari 2021.

Kelonggaran ini memberikan kesempatan bagi pembuat film, pemain, dan kru yang mengalami keterbatasan produksi. Di samping itu, banyak juga daftar film yang peluncurannya harus diundur selama 2020.