Xiaomi Pocophone F1 resmi meluncur, ini spesifikasinya

Xiaomi Pocophone F1 merupakan smartphone yang berfokus di tiga hal yaitu performa, kamera, dan harga

Xiaomi Pocophone F1 resmi meluncur, ini spesifikasinya

 

Setelah berbagai bocoran beredar, Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan merek Pocophone hari ini. Pocophone adalah sub-brand yang juga merupakan proyek Jai Mani, salah satu Lead Project Manager Xiaomi. Pocophone juga akan difokuskan untuk pasar India dengan produk perdananya adalah smartphone Pocophone F1.


BACA JUGA

Skor Antutu Redmi Note 8 Pro tersaingi Honor 9X

Redmi Note 8 bakal bawa RAM 4GB hingga 8GB

Xiaomi Mi A jadi ponsel Android One paling laris


Menurut Android Headlines, Pocophone F1 merupakan smartphone yang berfokus di tiga hal yaitu performa, kamera, dan harga. Smartphone ini tampil berbeda dari smartphone yang ada di pasar saat ini di beberapa aspek, terutama soal harganya. Di India, smartphone ini dijual seharga sekitar Rp6,5 juta untuk varian dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

Spesifikasi

Pocophone F1 hadir dengan layar berpanel IPS LCD berukuran 6,18 inci, bukan menggunakan panel OLED seperti yang diharapkan banyak orang. Layarnya memiliki rasio 18,7:9 dengan resolusi Full HD+ (2246×1080 pixel). Layar smartphone ini juga punya tingkat kecerahan sekitar 500 nits dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Soal hardware, Pocophone F1 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 845 dengan CPU octa-core dan GPU Adreno 630. Ada beberapa konfigurasi memori yang ditawarkan Pocophone. Pertama adalah varian dengan RAM 6GB dan penyimpanan 64GB, lalu ada juga yang memiliki penyimpanan 128GB. Varian tertingginya hadir dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

Pocophone F1 masih tampil dengan sistem operasi Android 8.1, namun sudah menggunakan antarmuka MIUI 9.6. Pihak Xiaomi mengklaim smartphone ini akan mendapatkan update Android 9 Pie, namun masih belum memberitahu kapan update tersebut akan datang.

Desain

Menurut Android Headlines, Pocophone F1 punya bodi yang lebih tebal dari rata-rata smartphone yang ada di pasar saat ini. Hal tersebut dikarenakan kapasitas baterai yang diusung oleh smartphone ini tergolong besar, yaitu 4.000mAh.

Meski bodinya sudah tebal, Pocophone F1 masih menggunakan desain kamera yang lebih menonjol dari bodinya. Untungya, tonjolannya tidak signifikan sehingga masih bisa ditoleransi. Pocophone F1 sudah menggunakan USB Type-C, namun masih memiliki jack audio 3.5mm di bagian atasnya.

Yang menarik adalah material yang digunakan untuk menutupi bagian belakang smartphone ini, yaitu antara polycarbonate atau kevlar. Material ini mirip dengan yang digunakan di smartphone Droid 2 Turbo yang dirilis Motorola dan Verizon beberapa tahun lalu. Bahan tersebut juga diklaim tidak licin sehingga Pocophone F1 bisa tetap nyaman digenggam.

Kamera

Kamera merupakan salah satu fitur yang diandalkan di Pocophone F1. Smartohone ini hadir dengan kamera utama dengan sesor Sony IMX363 yang memiliki resolusi 12MP dan aperture f/1.9. Sensor kamera tersebut juga memiliki ukuran pixel 1,4 mikron dan sudah dilengkapi dengan sistem DualPixel Auto Focus.

Sementara kamera sekundernya menggunakan resolusi 5MP yang katanya digunakan sebagai "pengumpul informasi" mengenai kedalaman subjek yang ingin difoto. Tentu saja kombinasi dua kamera ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) agar hasil foto terlihat lebih baik.

Berbeda dengan kamera utamanya, kamera depan Pocophone F1 menggunakan resolusi yang besar, yaitu 20MP dengan besar pixel 1,8 mikron. Kamera depannya juga hadir dengan teknologi Super Pixel yang sama seperti yang digunakan di Mi A2/6X dan Mi 8.

Ketersediaan dan harga

Pocophone F1 dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dari smartphone sekelasnya, yaitu mulai dari kisaran Rp4,4 juta untuk varian RAM 6GB dan penyimpanan 64GB hingga Rp6,5 juta untuk varian RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

Untuk saat ini Pocophone F1 hanya tersedia di India. Namun di akhir presentasi, pihak Xiaomi mengatakan akan meluncurkan smartphone ini di Indonesia pada tanggal 27 Agustus mendatang. Jika banderol harganya tidak berbeda jauh dengan versi India, Pocophone F1 bsia jadi merupakan smartphone Snapdragon 845 paling murah yang ada di pasar.

  Xiaomi Pocophone F1
Chipset Qualcomm Snapdragon 845
RAM 6GB / 8GB
Penyimpanan (ROM) 64GB / 128GB / 256GB
Sistem Operasi Android 8.1 (Oreo) dengan MIUI 9.6
Layar IPS LCD 6,18 inci Full HD+ (2246×1080 pixel) + Gorilla Glass 3
Kamera Belakang: 12MP + 5MP, Depan: 20MP
Baterai 4.000 mAh
Harga

Kisaran Rp3,4 juta (6GB / 64GB)
Kisaran Rp5 juta (6GB / 128GB)
Kisaran Rp6,5 juta (8GB / 256GB)

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: