sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Kamis, 28 Des 2023 19:09 WIB

Xiaomi pamerkan mobil listrik pertamanya, sekali pengisian bisa tempuh 800 km

Xiaomi akhirnya menunjukkan penampakan mobil listrik pertamanya yang sebelum itu rumornya telah beredar sejak Oktober lalu.

Xiaomi pamerkan mobil listrik pertamanya, sekali pengisian bisa tempuh 800 km
Sumber: Xiaomi

Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi akhirnya mempublikasikan penampilan mobil listrik pertamanya yang diberi nama SU7. Kendaraan listrik ini diklaim mampu melaju hingga 800 km hanya dengan sekali pengisian saja.

Dilansir dari Reuters (28/12), Xiaomi kali ini baru menampilkan tampak luar dari mobil listriknya tersebut melalui berbagai macam sisi. Tampak modelnya sangat elegan dan futuristik dengan warna cerah menambah kesan kekinian.

Mobil ini berjenis sedan dengan konsep yang sebetulnya tidak berbeda jauh dengan mobil lain pada umumnya. Hanya saja memang Xiaomi menghadirkan mobil bertenaga listrik yang kini memang memiliki permintaan pasar terus meningkat.

Menyoal ukuran, mobil ini memiliki panjang 4,9 meter, lebar 1,9 meter, tinggi 1,4 meter dan wheelbase 3 meter. Sementara itu kapasitas baterainya ada dua pilihan yakni 73 kWh atau 101 kWh, yang diklaim mampu menempuh jarak maksimal 800 km dalam sekali pengisian.

Mengenai jadwal peluncurannya sampai saat ini Xiaomi belum memberikan pengumuman resmi. Hanya saja disebutkan bahwa perusahaan tersebut akan memperkenalkan produk mobil listrik pertamanya ini secara bertahap melalui serangkaian acara.

Namun menurut kabar terbaru pada 26 Desember lalu, CEO Xiaomi Lei Jun mengungkapkan bahwa perilisan SU7 kemungkinan akan berlansung pada beberapa bulan lagi. Sehingga untuk sekarang para konsumen dimohon untuk bersabar menunggu masa peluncurannya.

Adapun sebelumnya Xiaomi pernah dikabarkan bakal meluncurkan mobil listrik dalam dua versi yakni battery electric dan extended range. Akan tetapi hal ini sampai sekarang belum sepenuhnya terungkap sebab masih menunggu kabar resmi dari Xiaomi.

Xiaomi sebelumnya juga telah berinvestasi untuk pengembangan mobil listrik ini sebesar Rp22 triliun serta mengerahkan 3400 tenaga insinyur. Semua itu demi mewujudkan ambisi Xiaomi yang diungkapkan oleh Lei Jun pada 19 Desember lalu bahwa perusahaan itu ingin menjadi produsen mobil listrik terbaik di dunia. "Saya datang ke industri ini (mobil listrik) dengan tujuan untuk menang," tegas Lei Jun dengan optimis.

Share
×
tekid
back to top