sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
Senin, 03 Agst 2020 10:47 WIB

William English, penemu mouse komputer tutup usia

Barangkali ada yang tidak mengenal William English. Namun dapat dipastikan kita menikmati hasil penemuannya sampai saat ini.

William English, penemu mouse komputer tutup usia

William “Bill” English dikabarkan tutup usia pada 26 Juli lalu karena kegagalan sistem pernapasan di usia ke-91. Namanya mungkin terasa asing, tetapi karyanya menjadi landasan bagi perkembangan komputer sampai saat ini. Ya, English merupakan salah satu penemu mouse komputer.

William English membantu rekannya, Douglas Engelbart untuk mengembangkan mouse pertama di Institut Penelitian Stanford. Mereka akhirnya menunjukkan demo perangkat perdana itu pada 1968. Momen itu dikenal dengan Mother of All Demos. 

Sebenarnya bukan hanya mouse yang mereka perkenalkan. Selain mendemonstrasikan mouse komputer untuk pertama kalinya, mereka juga memberikan banyak konsep yang digunakan komputer saat ini, misalnya interface grafis, edit teks secara online, panggilan video dan tautan hiperteks. 

Dilansir dari Engadget (3/8), English dan Engelbart bisa dikatakan sebagai kombo terbaik. Di saat Engelbart dikenal dengan ide-idenya yang visioner, English-lah yang mewujudkan ide-ide tersebut. Misalnya ketika Engelbart menggambar sketsa mouse, English adalah orang yang mewujudkannya. Tidak hanya itu, kala Engelbart melakukan demonstrasi mouse dan berbagai konsep yang mereka tawarkan, ada English yang mengatur semuanya dari balik layar. 

Sebenarnya konsep mouse sudah dikenal jauh sebelum English dan Engelbart bekerja sama. Trackball sudah digunakan sejak 1946 sebagai bagian dari pasca Perang Dunia ke-II. Kala itu, trackball digunakan untuk menentukan target posisi pesawat yang sebelumnya dilakukan dengan joystick

Saat ini ketika hampir semua akses ke perangkat teknologi menggunakan layar sentuh dan koneksi nirkabel, warisan William English akan tetap dikenang sebagai pondasi dari komputer modern yang kita gunakan, bahkan kami gunakan untuk menulis berita ini.

Share
×
img
×
tekid
back to top