WhatsApp hadir di KaiOS. Apa itu?

WhatsApp saat ini sudah dapat digunakan di KaiOS. Tak jauh berbeda dengan versi Android dan iOS, Apa sebenarnya KaiOS itu?

WhatsApp hadir di KaiOS. Apa itu? Source: Shutterstock

Facebook semakin memperluas adopsi WhatsApp ke lintas platform. Baru-baru ini, aplikasi pesan tersebut dikabarkan hadir pada sistem operasi KaiOS. Sistem operasi inilah yang digunakan Nokia pada perangkat Nokia 8110. 

Dilansir dari TheVerge (22/7), saat ini WhatsApp sudah dapat diunggah langsung dari toko aplikasi KaiOS dengan perangkat yang memiliki RAM berkapasitas 256MB atau 512MB. Nantinya WhatsApp pun sudah akan tersedia langsung di perangkat dengan sistem operasi KaiOS. 


BACA JUGA

WhatsApp dukung kunci via sidik jari, ini cara gunakannya

Peretas bisa cegat dan ubah pesan WhatsApp

WhatsApp bakal hadirkan fitur mirip Boomerang Instagram


Di KaiOS, WhatsApp hadir tak ubahnya dengan versi Android atau iOS. Aplikasi ini akan mendukung fitur pesan dan panggilan. Tak hanya itu, WhatsApp versi KaiOS ini juga sudah mendukung fitur enkripsi end-to-end seperti layaknya di Android atau iOS. 

Untuk diketahui, WhatsApp sebenarnya sudah mulai hadir di beberapa perangkat KaiOS yang terpilih secara bertahap sejak tahun lalu. Pada perangkat JioPhone, WhatsApp sudah mulai hadir sejak September tahun lalu. Sementara pada April 2019, sebenarnya Nokia 8110 sudah bisa menggunakan WhatsApp, namun terbatas di kawasan India saja. Ini merupakan debut perdana WhatsApp hadir di KaiOS secara global. 

Adapun beberapa ponsel KaiOS dapat menggunakan WhatsApp saat ini adalah: Cat B35, Doro 7060, JioPhone, JioPhone 2, MTN Smart, Orange Sanza dan Nokia 8110. 

KaiOS merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dimiliki oleh KaiOS Technologies. Ini merupakan cabang dari Firefox OS yang pengembangannya dihentikan oleh Mozilla. Sistem operasi ini sudah mendukung koneksi 4G LTE E dan penggunaan energi yang lebih irit ketimbang sistem operasi populer seperti Android dan iOS. Bahkan pengguna bisa melakukan update aplikasi secara on-the-air (OTA). Sebelumnya, KaiOS sudah mendukung adanya aplikasi seperti Twitter, Facebook dan YouTube. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: