Ulang tahun ke-30, ini kata pencipta World Wide Web soal internet

Ilmuwan pembuat World Wide Web, Tim Berners-Lee mengungkapkan pandangannya terhadap internet dalam ulang tahun ke-30 dari The Web.

Ulang tahun ke-30, ini kata pencipta World Wide Web soal internet world wide web (Pixabay)

Tepat pada 12 Maret 2019, World Wide Web alias ‘The Web’ merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Fungsi dari The Web ini adalah sebagai ruang informasi tempat dokumen dan sumber daya web lainnya, yang diidentifikasi oleh Uniform Resource Locators (URL).

Sedikit kilas balik, The Web pertama kali diciptakan oleh ilmuwan asal Inggris yang bernama Tim Berners-Lee. Pengerjaan dari pembuatan The Web ini sudah dia lakukan pada pertengahan 1980.


BACA JUGA

Jangan gunakan password 123456, sangat tidak aman!

UX sangat penting dalam desain web dan aplikasi Anda

Sebanyak 67 persen situs hotel bocorkan data pribadi


Meski begitu, dia harus melalui beberapa regulator sebelum pada akhirnya bisa menerapkan sistem tersebut pada 1988. Mulai saat itulah, era penggunaan internet yang menggunakan “WWW” dimulai.

Baru-baru ini, Tim memberikan komentar mengenai situasi internet di zaman ini. Dia pun memberikan tanggapannya dalam sebuah surat terbuka ke organisasi Web Foundation. 

"Hari ini, 30 tahun setelah proposal asli saya untuk sistem manajemen informasi, separuh dunia sedang online. Ini momen untuk merayakan seberapa jauh kita datang, tetapi juga kesempatan untuk merenungkan sejauh mana kita belum melangkah," kata Tim, seperti dikutip dari laman Techradar (13/3/2019).

Dia mengatakan, internet saat ini bak pisau bermata dua. Web saat ini dapat menciptakan peluang, memberikan suara kelompok-kelompok yang terpinggirkan, dan membuat kehidupan sehari-hari kita lebih mudah. 

“Di sisi lain, Web juga menciptakan peluang bagi scammers, memberikan suara kepada mereka yang menyebarkan kebencian, dan membuat segala jenis kejahatan lebih mudah dilakukan," katanya miris.

Sir Tim juga menggambarkan tiga "sumber disfungsi" yang memengaruhi Web saat ini. Yang pertama adalah kejahatan dunia maya dan pelecehan. Selain itu, ada juga masalah desain sistem yang menghargai konten seperti clickbait.

“Terakhir adalah konsekuensi negatif yang tidak diinginkan dari desain yang telah menyebabkan negativitas menyebar secara online,” tambahnya.

Meski masih memiliki banyak masalah, tapi Tim optimis tentang masa depan web, yang menurutnya perlu dibantu dengan “komunitas web global". Bantuan juga dapat diberikan oleh Web Foundation, yang didirikan oleh Sir Tim, yang sekarang bekerja dengan pemerintah, perusahaan, dan warga negara untuk membangun kontrak baru untuk Web, yang berupaya menetapkan "norma, hukum, dan standar" konkret untuk Web.

"Mengingat seberapa banyak web telah berubah dalam 30 tahun terakhir, itu akan menjadi kekalahan dan tidak imajinatif untuk menganggap bahwa web seperti yang kita tahu tidak dapat diubah menjadi lebih baik dalam 30 tahun ke depan," tulisnya.

"Jika kita menyerah membangun web yang lebih baik sekarang, dikhawatirkan web akan mengecewakan kita. Kita akan gagal web,” pungkasnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
internet