sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 16 Apr 2020 14:06 WIB

UL Benchmark: Klaim MediaTek menyesatkan

UL menyebut bahwa klaim MediaTek mengenai industri benchmark menyesatkan. Menurutnya, apa yang dilakukan MediaTek justru menyalahi aturan industri benchmark.

UL Benchmark: Klaim MediaTek menyesatkan
Source: UL Benchmarks

Benchmark menjadi salah satu rujukan untuk memilih sebuah smartphone selain dari pengalaman pengguna. Biasanya benchmark ini akan memberikan gambaran seberapa baik performa smartphone dalam menangani berbagai kebutuhan penggunanya. Semakin tinggi skornya, performanya semakin baik. 

Karena hal itu pula, kecurangan di benchmark kerap terjadi. Kasus terbaru, seperti yang ditemukan oleh Anandtech, mengungkap bahwa kecurangan itu pada dasarnya bukan bersumber dari vendor, melainkan pembuat chip-nya. Kali ini MediaTek tertangkap basah melakukan kecurangan. 

Salah satu aplikasi yang kedapatan dicurangi oleh MediaTek adalah PCMark. Ini merupakan aplikasi untuk mengukur seberapa gesit performa smartphone dalam menjalankan tugas produktivitas harian, mulai dari menulis, membaca data, browsing, edit foto hingga edit video. 

Berkaitan dengan temuan itu, MediaTek akhirnya memberikan jawabannya. Dalam pernyataan yang akhirnya diunggah di situs resminya, MediaTek menyatakan bahwa pihaknya mengikuti standar industri (benchmark) yang disetujui dan yakin bahwa pengujian benchmark itu mewakili kemampuan chipset-nya secara akurat. 

Di sisi lain, UL Benchmark berkata lain. Dalam email yang diterima Tek.id, UL menyatakan bahwa menggunakan mekanisme tersembunyi untuk mendeteksi aplikasi benchmark tertentu dan melakukan optimasi spesifik untuk benchmark tersebut bukanlah standar yang disetujui dalam industri benchmark. Pada dasarnya, hal itu justru berlawanan dengan standar yang sudah ada. 

Singkatnya, menurut UL Benchmark sebuah perangkat harus menjalankan benchmark layaknya ketika menjalankan aplikasi lain. Performa yang diperoleh dalam pengujian benchmark harus berjalan secara default pada sebuah smartphone, tanpa mengandalkan optimasi untuk masing-masing aplikasi benchmark.

Apa yang diungkapkan MediaTek disebut klaim yang menyesatkan oleh UL Benchmark. Karena itulah, UL Benchmark menghapus lebih dari 50 smartphone yang menggunakan chipset MediaTek dari daftar skor di PCMark. Pihaknya menyatakan akan menaggapi dengan tegas segala tindakan yang berupaya untuk memanipulasi benchmark di aplikasi yang mereka sediakan. 

Share
×
tekid
back to top