Twitter Lite bantu Twitter tingkatkan pengguna di Indonesia

Twitter Lite diklaim berkontribusi besar dalam perluasan adopsi platform ini, khususnya di Indonesia.

Twitter Lite bantu Twitter tingkatkan pengguna di Indonesia Source: Patardo/Tek.id

Agustus lalu, Twitter baru saja merilis Twitter Lite, versi ringan dari aplikasi asli Twitter. Versi Lite ini diklaim makin meningkatkan jumlah pengguna Twitter di Indonesia.

Dwi Ardiansyah, Country Industry Head Twitter Indonesia dan Malaysia menyatakan bahwa Twitter Lite berkontribusi ke pertumbuhan jumlah pengguna Twitter di Indonesia. Ada 100 persen lebih peningkatan jumlah peserta harian yang menggunakan Twitter Lite. Kendati begitu, Dwi Ardiansyah tidak menyebutkan angka pasti jumlah pengguna harian Twitter di Indonesia.


BACA JUGA

Twitter Indonesia, keras kepada spam, RAMAH kepada Pornografi

Isu di Twitter sepanjang 2018, dari belanja sampai copras-capres

Twitter bakal hilangkan tombol Like, pengguna meradang


Sebagiamana diberitakan sebelumnya, pengguna harian di Indonesia diklaim lebih banyak daripada pengguna harian rata-rata secara global. Tak hanya itu, konsumsi video di platform ini juga meningkat sebanyak 120 persen.


Twitter Lite diklaim menawarkan akses yang lebih cepat, penghematan data dan tidak membutuhkan memori yang besar. Dwi Ardiansyah menambahkan hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi Twitter. Kendala koneksi menjadi salah satu alasan Twitter menghadirkan Twitter Lite di Indonesia.

Dari pantauan Tek.id, Twitter Lite sudah bisa diunduh di Google Play Store. Ukuran file unduhnya hanya 766 kB. Saat diinstall, aplikasi ini hanya menggunakan memori sebesar 2,52 MB. Sebagai pembanding, ukuran versi asli Twitter jika sudah diinstall adalah 64,86 MB, belum termasuk data dan cache.

Twitter Lite juga menawarkan fitur Data Saver. Jika diaktifkan, video dan foto yang ada dalam aplikasi tersebut tidak akan terunggah secara otomatis. Pengguna bisa memilih video dan foto yang hendak dilihat dengan cara mengetuknya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: