Transaksi ShopBack naik 3 kali lipat selama Ramadan
Berdasarkan data historis Shopback, jumlah pemesanan dan transaksi meningkat tajam di minggu kedua Ramadan.
Shopback mengklaim telah mencatat peningkatan transaksi mereka sebanyak hampir 3 kali lipat sepanjang bulan Ramadan 2018 dengan rata-rata belanja hingga Rp1,2 juta. Selain itu, berdasarkan data historis Shopback, jumlah pemesanan dan transaksi meningkat tajam di minggu kedua Ramadan. Diperkirakan hal ini disebabkan oleh masyarakay menerima gaji bersamaan dengan THR.
“Walaupun kondisi rupiah yang menguat terhadap dollar, tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat selama Ramadan. Sepanjang Ramadan tahun ini, daya beli konsumen Shopback meningkat hingga 74 persen dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan.
Adapun peningkatan jumlah transaksi dan pemesanan di situs e-commerce tidak lepas dari beragam program promo dan diskon besar-besaran. Sebut saja Shopee dengan Big Ramadhan Sale atau Lazada dengan program PuaSale.
“Berdasarkan mini-survei yang Shopback lakukan baru-baru ini terhadap lebih dari 500 responden yang senang berbelanja online di Jabodetabek, program diskon/voucher serta cashback menjadi dua faktor utama yang mempengaruhi keputusan mereka berbelanja sepanjang bulan Ramadan,” tambah Indra.
Sementara itu, berdasarkan survei yang sama, terungkap tiga kategori produk yang menurut responden paling banyak menguras pemasukan mereka selema bulan Ramadan. Adapun ketiga kategori produk tersebut meliputi fashion, dan aksesori, pulsa, dan kebutuhan pangan.
Peningkatan nilai transaksi di ketiga jenis kategori ini juga tercatat di data internal Shopback, dengan persentase masing-masing 78,6 persen untuk kategori fashion dan aksesori, 64,7 persen untuk pulsa, dan 18,8 persen untuk kebutuhan pangan.