sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Kamis, 03 Agst 2023 14:03 WIB

Tokopedia catat peningkatan transaksi di Indonesia Timur pada semester I 2023

Tokopedia mengklaim, peningkatan transaksi yang terjadi di wilayah Indonesia Timur didorong oleh teknologi Hyperlocal Tokopedia.

Tokopedia catat peningkatan transaksi di Indonesia Timur pada semester I 2023

Tokopedia baru-baru ini membagikan tren belanja online di platformnya selama semester pertama 2023. Sepanjang periode tersebut, Indonesia Timur menunjukkan peningkatan yang tajam dalam transaksi. Menurut perusahan, hal ini didorong oleh teknologi Hyperlocal Tokopedia. 

“Berkat Hyperlocal Tokopedia dan manifestasinya, beberapa wilayah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual, yaitu Aceh Tenggara (Aceh), Sampang (Jawa Timur) dan Bulukumba (Sulawesi Selatan), dengan rata-rata peningkatan 2 kali lipat,” jelas Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega. 

Selain itu, beberapa wilayah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain Nduga (Papua Pegunungan), Maluku Barat Daya (Maluku) dan Raja Ampat (Papua Barat Daya), dengan rata-rata peningkatan 8 kali lipat. Adapun, pengiriman terjauh dari Banda Aceh (Aceh) ke Merauke (Papua Selatan). 

Perusahaan menjelaskan, Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging dan memiliki berbagai manifestasi. Salah satunya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. 

Ada juga Dilayani Tokopedia; layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Tren belanja online semester I 2023 di Tokopedia juga mencatatkan peningkatan hampi 4x lipat untuk penjualan online mobil listrik dan 10x lipat untuk motor listrik. 

“Di sisi lain, pada kategori produk Elektronik di Tokopedia, True Wireless Stereo (TWS), smartphone hingga tablet menjadi sejumlah produk terlaris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4,5 kali lipat," jelas Antonia. Sementara itu pada kategori produk Hobi dan Gaya Hidup, perangkat virtual reality, sim card international dan board game tercatat sebagai sejumlah produk yang paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 6x lipat.

Tag
Share
×
tekid
back to top