sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 06 Mar 2021 10:03 WIB

Tokopedia bagikan tren peluang usaha 2021

Tokopedia mencatat daftar kategori yang penjualannya meningkat selama 2020 dan memprediksi tren peluang usaha di 2021

Tokopedia bagikan tren peluang usaha 2021
Source: Tokopedia

Tokopedia mencatat, terdapat peningkatan penjual di platform-nya selama masa pandemi. Pada Januari 2020, perusahaan mencakup 7,2 juta penjual, dan terus meningkat selama setahun terakhir hingga saat ini terdapat 10 juta mitra penjual. Angka ini juga menandakan kesadaran para pelaku UMKM terhadap ekonomi digital, dengan mengubah bisnisnya ke platform marketplace.

“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi. Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” kata Ekhel Chandra Wijaya, External Communication Senior Lead Tokopedia.

Perusahaan mengklaim, kategori Food & Beverages menjadi yang paling populer menjelang akhir 2020. Peningkatan transaksi juga mencapai lebih dari 3x lipat pada kategori ini. Ekhel menambahkan, menjual makanan siap masuk dapat menjadi peluang usaha saat ini. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari, termasuk madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras. Selain makanan dan minuman, berikut tren dan peluang bisnis 2021 berdasarkan data dari Tokopedia.

  • Kecantikan dan Perawatan tubuh

Meski beraktivitas seharian di rumah, alat kecantikan tampaknya masih dibutuhkan, terlebih produk-produk perawatan tubuh. Tokopedia mencatat, transaksi pada kategori ini meningkat 2x di akhir 2020.

Salah satu mitra penjual lokal Gentle Hour turut mengalami kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggannya hingga ke Papua.

  • Tanaman dan alat berkebun

Selama di rumah aja, sebagian masyarakat menemukan hobi baru, yakni bercocok tanam. Sempat ramai saat itu, tanaman-tanaman hias dengan harga jutaan. Di Tokopedia, kategori ini menerima kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat di sepanjang 2020, jika dibandingkan dengan penjualan di 2019.

  • Produk olahraga

Masyarakat semakin sadar akan kesehatan tubuh, salah satunya dengan membeli produk-produk pendukung olahraga. Adapun beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia, yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki, berkemah, futsal dan sepakbola.

  • Alat lukis

Selain tanaman, melukis juga menjadi hobi baru di tengah pandemi. Aktivitas ini dapat sekaligus merelaksasi diri dari penatnya pekerjaan kantor yang dialihkan ke rumah. Hal ini juga terlihat dari meningkatnya penjualan produk melukis pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai 2x lipat selama 2020. Menurut Ekhel, ini bisa menjadi peluang usaha baru di 2021.

Dalam rangka memberdayakan pelaku UMKM, Tokopedia menyediakan webinar dan kelas online bagi pebisnis yang sudah menjadi mitra penjual di Tokopedia melalui Pusat Edukasi Seller. Nantinya, tema yang akan dibicarakan beragam, dari mulai cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten dan promo, dan masih banyak lagi.

Share
×
tekid
back to top