Thunderbolt 3 bakal dukung tampilan UHD

Intel menambahkan dukungan DisplayPort 1.4 dan kompatibel dengan USB Type-C

Intel baru saja mengenalkan keluarga baru dari kontroler Thunderbolt 3 untuk mendukung standar DisplayPort 1.4 ke port TB3. Kontroler baru bernama Titan Ridge ini membawa dukungan fungsi DisplayPort baru untuk mendukung tampilan bertaraf UHD.

Kontroler Intel JHL7x40 pada Thunderbolt 3 mendukung dua fitur utama. Ia mendukung kecepatan transfer data PCIe 3.0 sampai 40 Gbps dan USB 3.1 Gen 2 hingga 10 Gbps. Satu ubahan besar yang dilakukan Intel adalah memungkinkan dua aliran data DisplayPort 1.4 pada satu koneksi Thunderbolt 3.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Intel pamer kecepatan video editing gunakan Core i7 generasi 10

Ini dia jajaran laptop Intel Project Athena

Rilis November, Intel pangkas harga Core X terbaru


Sebagai perbandingan, standar DisplayPort 1.2 mampu mendukung kecepatan transfer untuk tampilan setara 4K dengan refresh rate 60Hz, namun Thunderbolt 3 mampu mendukung resolusi hingga 5K dan refresh rate 60Hz atau monitor 4K HDR. Namun menurut Anandtech, tidak mungkin menghubungkan dua monitor 4K 120p pada laptop karena ada batasan bandwith.

Secara keseluruhan kontroler Thunderbolt 3 terdiri dari tiga bagian, JHL7540 dan JHL7340 untuk PC, lalu JHL7440 yang disiapkan untuk peripheral. Teknologi ini tidak lama lagi akan diluncurkan tidak lama lagi, meski belum ada informasi leih lanjut dari Intel.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: