Target tak tercapai, BuzzFeed kurangi 100 pegawai

Jumlah karyawan yang di-PHK mencapai 6 persen dari total karyawan.

BuzzFeed merumahkan sekitar 100 orang pegawainya, atau sekitar 6 persen dari jumlah karyawan. Menurut Recode, tindakan ini adalah imbas dari gagalnya pencpaian target pendapatan mereka 2017 ini.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Facebook, Instagram hingga WhatsApp down bersamaan

Aplikasi parental control tidak ampuh untuk anak

Google bantah bekerjasama dengan perusahaan media online


Greg Coleman, eksekutif yang bertanggung jawab bagi pengembangan strategi iklan digital BuzzFeed pun turun jabatan. Padahal, Greg yang telah bergabung sejak 2014, menjabat Presiden di BuzzFeed. Sekarang, BuzzFeed mencari sosok Chief Operating Officer untuk membantu Greg dalam beragam area dan peluang bisnis.

Tidak terpenuhinya target BuzzFeed diduga karena uang pengiklan beredar di dua perusahaan besar, Google dan Facebook. Padahal, dalam sebuah nota kepada stafnya, CEO BuzzFeed, Jonah Peretti menggambarkan 2017 ini merupakan tahun transformasional. Di dalam memo tersebut, Jonah juga menyebut bahwa perusahaan tengah menikmati pertumbuhan yang dramatis.

Namun, Wall Street journal melaporkan hal yang berbeda awal November ini. Pendapatan BuzzFeed ini tidak mencapai estimasi mereka. 15 sampai 20 persen target BuzzFeed tidak terpenuhi. Sementara investor dan manajer mengkhawatirkan pengeluaran perusahaan.

Jonah mengatakan, hal ini berimbas pada pemutusan hubungan kerja dengan staf bisnis mereka di Amerika. Sementara di Inggris, staf bisnis dan editorial yang kena dampaknya. Dia juga mengatakkan akan merestrukturisasi tim bisnis BuzzFeed untuk membantu diversifikasi aliran pendapatan, selain dari iklan nativ digital, andalan mereka saat ini.

"Bisnis kita lebih beragam dan berimbang daripada satu tahun yang lalu, dan yang paling penting, untuk pertama kalinya dalam kuartal tahunan, pendapatan datang dari beragam sumber, daripada penjualan iklan langsung," tulis Jonah dalam memo kepada stafnya.

Dalam memo tersebut, Jonah juga berjanji untuk melanjutkan pembangunan agresif dalam kemampuan mengelola iklan mereka. 

Langkah pertama yang akan dilakukan BuzzFeed adalah akan menggabungkan brand gaya hidup mereka, Tasty, Nifty, Bring Me, Goodful dan beberapa brand baru, termasuk waralaba mereka di bidang fesyen dan kecantikan yang akan mereka luncurkan Q1 2018 nanti.

Langkah kedua, mereka akan rebranding BuzzFeed Motion Pictures menjadi BuzzFedd Studios. Nantinya, mereka akan membawa semua serial original buatan BuzzFeed ini ke brand baru kemudian menggodok serial-serial lain pesanan rekanan.

Terakhir, BuzzFeed Commerce akan menjadi senjata utama mereka di 2018. Katanya, Commerce ini telah memiliki lini yang kuat, perizinan yang baru, dan kerja sama. BuzzFeed Commerce inilah yang akan bekerjasama dengan tim BuzzFeed Media Brand yang baru untuk menciptakan kesempatan-kesempatan dalam pencapaian bisnis mereka tahun depan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: