Facebook, Instagram hingga WhatsApp down bersamaan

Pengguna di seluruh dunia tak bisa mengakses layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp secara normal.

Pengguna di seluruh dunia tak bisa mengakses layanan Facebook. Tak hanya media sosial tersebut, layanan Instagram juga tak bisa dijalankan sebagaimana biasanya. Pantauan Tek.id, kedua layanan itu tak bisa diakses secara normal pada Rabu malam (13/3).

Hingga saat ini, layanan Instagram, Facebook dan WhatsApp masih bermasalah, meski sejumlah pengguna bisa mengaksesnya seperti biasa. 


BACA JUGA

Aplikasi parental control tidak ampuh untuk anak

Target tak tercapai, BuzzFeed kurangi 100 pegawai

Google bantah bekerjasama dengan perusahaan media online


Saat Tek.id mencoba membuka aplikasi Instagram, tampilan aplikasi itu menunjukkan keterangan "Tak bisa diperbarui". Alhasil, linimasa Instagram hanya menampilkan tampilan kosong berlatar putih, atau unggahan pengguna yang cukup lawas. 

Laporan Nbcnews, Facebook dan WhatsApp juga sempat bermasalah. Pun begitu di Indonesia. Facebook memang bisa menampilkan feed-nya dengan baik, namun pengguna tak bisa mengunggah konten. Di WhatsApp, sejumlah pengguna tak bisa mengunggah foto maupun video. 

Facebook menyadari masalah down-nya beberapa aplikasi mereka. Namun, perusahaan tak menjelaskan alasan di balik masalah tersebut. 

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami kesulitan mengakses jajaran aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin," demikian keterangan Facebook melalui akun Twitter-nya. 

Selang beberapa waktu, raksasa media sosial itu mengonfirmasi masalahnya, meski tetap tak menjelaskan penyebabnya. Facebook menyebut masalah ini bukan diakibatkan serangan DDoS yang memungkinkan hacker membanjiri sebuah situs dengan lalu lintas palsu. 

"Kami fokus pada upaya untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin, tetapi kami mengonfirmasi bahwa masalah ini tidak terkait dengan serangan DDoS."

Menurut catatan Downdetector, masalah layanan Facebook yang down ini terjadi di lebih dari 11.000 titik di seluruh dunia. Pengguna mendapati beberapa masalah mulai dari tidak bisa memuat situs sama sekali hingga tak bisa mem-posting komentar. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: