sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
Sabtu, 02 Mei 2020 21:38 WIB

Tanggapan Tokopedia soal bocornya 15 juta data pengguna

Tokopedia angkat bicara soal 15 juta data pengguna yang bocor. Perusahaan menemukan adanya upaya pencurian data pengguna.

Tanggapan Tokopedia soal bocornya 15 juta data pengguna
Source: Lely/Tek.id

Tokopedia angkat bicara soal 15 juta data pengguna yang bocor dan diumbar di internet. Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia mengatakan perusahaannya menemukan adanya upaya pencurian data pengguna. Namun demikian, Nuraini mengklaim Tokopedia memastikan informasi penting pengguna seperti password tetap dapat dilindungi.

"Kami selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna karena bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia. Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia, namun Tokopedia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi," kata Nuraini kepada Tek.id.

Meski password pengguna dapat dilindungi, Tokopedia tetap menganjurkan pengguna untuk mengganti password akun secara berkala demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan layanan marketplace tersebut. 

Nuraini pun menjelaskan Tokopedia menerapkan keamanan berlapis termasuk OTP yang dapat diakses secara real-time oleh pemilik akun. "Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun, maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun," ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan Tokopedia mengalami pelanggaran data oleh peretas atau hacker. Kabar ini dibagikan melalui situs RaidForums yang kemudian diunggah oleh akun @underthebreach di microblogging Twitter.

Peretasan itu dikabarkan terjadi pada Maret lalu dan telah mempengaruhi 15 juta pengguna Tokopedia. Namun demikian, dalam situs yang sama dia mengklaim ada lebih banyak pengguna selain angka yang telah dia sebutkan. 

Sejumlah data yang pribadi pengguna yang dikompromikan mencakup email, hash kata sandi, nama pengguna, dan lainnya. Dalam situs itu, bahkan dicantumkan screenshot yang memuat beberapa data pengguna meski rinciannya disamarkan. Saat ini sendiri Tokopedia masih terus melakukan investigasi. 

Share
back to top