sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Sabtu, 02 Mei 2020 20:54 WIB

15 juta data pelanggan Tokopedia dibocorkan peretas

Tokopedia dilaporkan mengalami pelanggaran data oleh peretas atau hacker. Peretasan itu terjadi pada Maret lalu dan telah mempengaruhi 15 juta pengguna Tokopedia.

15 juta data pelanggan Tokopedia dibocorkan peretas
Source: Lely/Tek.id

Tokopedia dilaporkan mengalami pelanggaran data oleh peretas atau hacker. Kabar ini dibagikan melalui situs RaidForums yang kemudian diunggah oleh akun @underthebreach di microblogging Twitter.

Peretasan itu dikabarkan terjadi pada Maret lalu dan telah mempengaruhi 15 juta pengguna Tokopedia. Namun demikian, dalam situs yang sama dia mengklaim ada lebih banyak pengguna selain angka yang telah dia sebutkan.

"Halo Komunitas RaidForums, Saya memutuskan untuk membagikannya dengan Anda, bagian dari dump Tokopedia bulan Maret 2020. Hash yang terkandung memiliki algoritma yang tidak diketahui, dan saya mencari seseorang yang dapat memecahkannya," demikian keterangan yang diunggah di situs itu. 

"Saya memperoleh salinan dump tetapi tidak mengandung salt yang perlu untuk memecahkan hash. Saya akan membagikan 15 juta dari (jumlah data) lebih banyak lagi, cukup google "Tokopedia" untuk melihatnya. (Mereka mengklaim basis pengguna yang jauh lebih besar!)."

 

Sejumlah data yang pribadi pengguna yang dikompromikan mencakup email, hash kata sandi, nama pengguna, dan lainnya. Dalam situs itu, bahkan dicantumkan screenshot yang memuat beberapa data pengguna meski rinciannya disamarkan.

Data pengguna Tokopedia bocor

Tek.id sudah mengonfirmasil laporan ini kepada Tokopedia. Melalui WhatsApp, External Communications Senior Lead Tokopedia - Ekhel Candra Wijaya mengatakan perusahaannya tengah melakukan penyelidikan. Namun sejauh ini Tokopedia belum dapat menjelaskan perihal laporan pelanggaran data ini.

Share
×
tekid
back to top