Tampilan baru SoundCloud kini mirip TikTok
Fitur baru SoundCloud akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan klip lagu berdurasi 30 detik sehingga mereka dapat memutuskan apakah ingin mendengarkan lagu tersebut secara lengkap.
SoundCloud mengumumkan fitur baru berupa feed yang berisi cuplikan lagu dengan tampilan vertikal yang bisa di geser ke atas maupun ke bawah untuk menggantinya, layaknya aplikasi TikTok.
Dilansir dari TechCrunch (8/9), perusahaan streaming musik tersebut telah menguji fitur sejak Maret lalu. Kini, fitur akan tersedia untuk pengguna iOS dan Android dalam beberapa hari mendatang.
Fitur baru ini akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan klip lagu berdurasi 30 detik sehingga mereka dapat memutuskan apakah ingin mendengarkan lagu tersebut secara lengkap. Cukup klik tombol Play pada cuplikan tersebut apabila ingin mendengarkan versi lengkapnya.
SoundCloud menggunakan AI Musiio - sebuah startup yang diakuisisi pada 2022 untuk pengalaman penemuan musik yang ditingkatkan - untuk memilih 30 detik terbik dari sebuah lagu secara otomatis.
- Paxel Raih Aplikasi Harian Terbaik Google Play 2025, Buktikan Dominasi di Layanan Logistik,
- Sora Melesat di Android, 470 Ribu Unduhan di Hari Pertama Ketersediaan di Play Store
- Indonesia, India, dan Vietnam Pimpin Pertumbuhan Aplikasi Digital Global 2025, Game Selular Jadi Pendorong
- Sosialisasi Aplikasi One by IFG Terus Digencarkan, Integrasi Solusi Finansial dan Kesehatan
Tampilan feed pencarian baru juga kini memiliki tombol pintasan yang berguna untuk menambahkan lagu ke daftar putar atau perpustakaan. Pengguna juga dapat menyukai trek, sehingga nantinya akan muncul di playlis “Trek yang disukai”.
Pengguna masih dapat mengakses feed beserta gaya lama melalui tab “Followed” di bagian atas layar untuk melihat lagu yang diterbitkan oleh artis yang mereka ikuti.
Pada bulan Maret, Spotify juga mengumumkan feed vertikal dengan pratinjau singkat untuk musik dan podcast. Selain itu, TikTok Music dan Resso dari ByteDance mengandalkan feed vertikal untuk penemuan musik.
Dalam wawancara baru-baru ini dengan Music Business Worldwide, kepala musik SoundCloud Emily Lovell mengatakan bahwa lebih dari 500.000 artis kini menjadi bagian dari program royalti yang didukung penggemar SoundCloud, yang diluncurkan pada tahun 2021.
Proyek ini mendistribusikan uang iklan atau langganan kepada artis berdasarkan artis yang didengarkan pengguna, bukan berdasarkan pro-rata yang hanya menghitung jumlah streaming secara keseluruhan.









