sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 11 Jul 2024 16:06 WIB

Speedometer Google Maps sudah ada di iOS dan CarPlay, ini cara mengaktifkannya

Google Maps kini semakin memanjakan pengguna iOS dan CarPlay dengan fitur terbarunya, yaitu speedometer.

Speedometer Google Maps sudah ada di iOS dan CarPlay, ini cara mengaktifkannya

Google Maps kini semakin memanjakan pengguna iOS dan CarPlay dengan fitur terbarunya, yaitu speedometer. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna Android, namun mulai Juli 2024, pengguna iPhone dan sistem hiburan CarPlay juga dapat menikmatinya.

Dilansir dari Engadget (11/7), speedometer pada Google Maps ini berfungsi untuk menunjukkan kecepatan kendaraan secara real-time saat pengguna melakukan navigasi. Fitur ini diharapkan dapat membantu pengemudi untuk lebih mudah memantau kecepatan mereka, sehingga dapat lebih patuh terhadap batas kecepatan yang berlaku dan mengurangi risiko pelanggaran lalu lintas.

Untuk menggunakan fitur speedometer ini, pengguna harus memastikan bahwa mereka telah memperbarui aplikasi Google Maps ke versi terbaru. Setelah itu, pengguna hanya perlu membuka aplikasi dan mulai melakukan navigasi seperti biasa. Speedometer akan muncul di sudut layar, menampilkan kecepatan kendaraan saat itu.

Integrasi speedometer ke dalam sistem CarPlay juga memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna. Dengan CarPlay, pengemudi dapat melihat informasi navigasi Google Maps dan kecepatan kendaraan mereka langsung di layar dashboard mobil. Ini memungkinkan pengemudi untuk tetap fokus pada jalan tanpa perlu melihat layar ponsel.

Pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan speedometer sesuai dengan preferensinya. Google Maps memberikan opsi untuk menampilkan atau menyembunyikan fitur ini melalui menu pengaturan aplikasi. Pengguna yang lebih suka tampilan layar yang rapi dan sederhana dapat memilih untuk menonaktifkan speedometer jika mereka merasa tidak perlu.

Peluncuran speedometer ini menambah daftar panjang fitur-fitur bermanfaat yang dimiliki oleh Google Maps. Dengan terus melakukan inovasi dan peningkatan, Google Maps semakin mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi navigasi andalan bagi jutaan pengguna di seluruh dunia.

Dengan hadirnya fitur speedometer di iOS dan CarPlay, Google berharap dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman bagi penggunanya. Bagi pengemudi yang sering bepergian, fitur ini tentu menjadi tambahan yang sangat berguna untuk memastikan perjalanan mereka lebih terkendali dan sesuai dengan aturan lalu lintas.

Untuk mengaktifkannya, ketuk gambar profil di Google Maps dan buka Pengaturan > Navigasi. Gulir ke bawah ke bagian Tampilan peta, dan kamu akan melihat tombol untuk fitur speedometer dan batas kecepatan. Jika diaktifkan, speedometer akan muncul di pojok kiri bawah layar. Jika kamu berkendara melebihi batas kecepatan, speedometer akan berubah warna untuk mengingatkan agar memperlambat kecepatan.

Share
×
tekid
back to top