Sony pastikan PlayStation 5 belum siap tampil tahun ini

Dikabarkan, dengan menggunakan CPU Ryzen generasi ketiga dan GPU Navi, PlayStation 5 dapat dimainkan hingga di resolusi 8K.

Sony pastikan PlayStation 5 belum siap tampil tahun ini PlayStation 4 Engadget

Desas desus kehadiran konsol gim generasi selanjutnya milik Sony sudah terendus semenjak akhir tahun lalu. Namun, Sony dengan lihai menyembunyikan informasi terkait dengan keberadaan konsol yang dipercayai sebagai PlayStation 5 dari awak media.

Namun, belakangan ini, pihak Sony sudah mau terbuka mengenai kehadiran konsol tersebut. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Wired (17/4/2019), perwakilan Sony pun membeberkan sedikit informasi mengenai konsol tersebut.


BACA JUGA

Kini para gamer dapat ganti ID PSN mereka

Bocoran stik PlayStation 5 mencuat, punya layar di tengah

Sony lebur divisi smartphone mereka dengan divisi lain


Mereka mengatakan, beberapa fitur kekinian pun hadir dalam PlayStation 5. Mulai dari dukugnan grafis hingga resolusi 8K, audio 3D, SSD super cepat, dan kemampuan kompatibilitas dengan game PlayStation 4 ada di perangkat tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu arsitek PlayStation 4, Mark Cerny. Dia mengatakan, konsol ini akan menggunakan sebuah arsitektur yang benar benar berbeda dengan generasi sebelumnya. Jadi, bisa dipastikan performanya akan meningkat drastis.

Untuk menjalankan konsol ini, mereka menggunakan CPU custom milik AMD. Yang mengejutkan, CPU yang dimaksud adalah Ryzen generasi ketiga yang sudah memiliki teknologi fabrikasi 7nm.

Prosesornya pun akan memiliki total delapan inti. Namun, tidak diketahui apakah teknologi Clustered Multi Threading (atau sama degnan hyperthreading milik Intel) akan hadir di prosesor tersebut.

Di sisi grafis, perusahaan teknologi asal Jepang tersebut mempercayakan GPU terbaru milik AMD, yakni Radeon Navi. Jadi, dengan kolaborasi kedua hal ini, di atas kertas mampu menjalankan gim hingga resolusi 8K, jika para gamer memiliki TV yang bisa menjalankan resolusi tersebut.

Oh iya, jangan lupakan kehadiran teknologi ray tracing. Ternyata, selain Nvidia, AMD juga ketahuan sedang menyempurnakan kemampuan ray tracing di GPU Navi mereka. Jadi, ada harapan kita dapat melihat persaingan AMD dan Nvidia di kancah ray tracing.

Untuk audio 3D untuk PlayStation 5, mereka kembali mempercayakannya kepada AMD. Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui chip apa yang akan digunakan, dan apakah Sony akan ikut campur tangan dalam mengembangkan lini ini atau tidak.

Kemudian, lompatan besar lainnya adalah hadirnya penyimpanan besar dan cepat khas SSD. Mereka menjanjikan lompatan kinerja, terutama dalam tampilan loading yang jauh lebih besar. Perbandingannya adalah dari 15 detik saat membuka gim Spider-Man di PS4 turun menjadi 0,8 detik di PS5. Wow!

Satu hal lagi yang sangat penting bagi para gamer, yakni adanya dukungan kompabilitas dengan konsol PlayStation versi sebelumnya. Jadi, para gamer tidak perlu mengganti konsol untuk memainkan gim kesukaan mereka.

Sayang, saat ditanya kapan PS5 akan hadir di pasaran, Cerny hanya mengatakan bahwa perangkat ini masih belum siap untuk diluncurkan pada 2019. Dia juga tidak memberikan respon ketika ditanya apakah konsol tersebut akan meluncur 2020 atau tidak.

Meski begitu, dia mengakui bahwa saat ini beberapa pengembang gim sudah mendapatkan Development Kit untuk PlayStation 5. Yah, kita tunggu saja kapan pastinya konsol ini akan diluncurkan secara resmi oleh Sony.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: