sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 25 Sep 2023 07:06 WIB

Snapdragon 8 Gen 3 diprediksi hadir dengan varian 4nm dan 3nm

Bocoran dokumen menunjukkan Snapdragon 8 Gen 3 bakal hadir dalam dua varian berbeda: 4nm & 3nm dari TSMC.

Snapdragon 8 Gen 3 diprediksi hadir dengan varian 4nm dan 3nm

Bocoran dokumen percakapan antara Qualcomm dan mitranya di Korea Selatan mengungkapkan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 mendatang akan hadir dalam 2 varian. Satu varian diproduksi dengan proses 4nm TSMC dan varian lainnya diproduksi dengan proses 3nm TSMC.

Kabar tersebut datang dari situs blog Korea Selatan gamma0burst yang menginformasikan bocoran percakapan email antara Qualcomm dan mitra ponsel pintarnya seperti Samsung. Dalam dokumen tersebut, Qualcomm menyatakan bahwa prosesor Snapdragon 8 Gen 3 mendatang bakal menggunakan core CPU Cortex X4, Cortex A720, dan Cortex A520 terbaru dari ARM untuk struktur CPU chipsetnya.

Namun yang menarik adalah Qualcomm juga menginformasikan bahwa prosesor Snapdragon 8 Gen 3 (SM8650) yang akan datang akan tersedia dalam dua varian. Dilansir dari Gizmochina (25/9), satu model prosesor ini diproduksi pada proses node N4P 4nm TSMC, dan varian lainnya diproduksi pada proses node 3nm TSMC (node N3E).

Agak membingungkan mengapa Qualcomm berencana untuk membuat 2 varian berbeda dari prosesor Snapdragon 8 Gen 3 untuk ponsel-ponsel flagship Android pada tahun 2024. Namun dilihat dari sejarahnya, bisa jadi ponsel-ponsel flagship Android pada tahun 2024 akan mengalami perkembangan yang luar biasa di tahun depan.

Sebagai konteksnya, terakhir kali Qualcomm merilis dua prosesor Snapdragon flagship yang sama dengan kombinasi CPU yang identik adalah Snapdragon 8 Gen 1, dan Snapdragon 8+ Gen 1 pada tahun 2022. Perbedaan utama antara kedua prosesor tersebut terdapat di proses node tempat SoC diproduksi.

Snapdragon 8 Gen 1 diproduksi dengan proses 4nm Samsung, yang pada saat itu mempunyai reputasi kurang baik karena panas berlebih dan efisiensi daya yang buruk. Sementara itu, Snapdragon 8+ Gen 1 yang dirilis kemudian diproduksi pada proses 4nm TSMC, yang ternyata merupakan peningkatan yang jauh lebih baik untuk chipset flagship yang memberikan efisiensi daya hingga 30% lebih baik dengan suhu ponsel yang lebih rendah juga.

Tidak jelas apakah kedua varian TSMC dari Snapdragon 8 Gen 3 tersebut akan diberi nama secara terpisah sebagai versi non-Plus dan Plus pada tahun 2024. Namun, akan menarik untuk melihat perbedaan performa dan perbedaan efisiensi daya antara kedua varian tersebut karena CPU-nya memiliki struktur kombinasi sama, yang membedakan hanyalah proses manufakturnya seperti prosesor Snapdragon 8 Gen 1 dan 8+ Gen 1.

Share
×
tekid
back to top