sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 14 Des 2021 10:31 WIB

Smartphone terbaik 2021 pilihan kami

Tek Awards sepenuhnya berlangsung independen, tanpa intervensi dari pihak mana pun. Secara garis besar, kami memilih produk terbaik berdasarkan dua hal: benchmark sintentis dan pengalaman penggunaan.

Smartphone terbaik 2021 pilihan kami

Sepanjang tahun 2021, kita masih hidup berdampingan dengan pandemi. Kondisi ini juga membuat kami terbiasa dengan bekerja dari rumah hingga melakukan hands-on dan liputan virtual. 

Kendati demikian, vendor smartphone tetap menghadirkan inovasi yang semakin mutakhir. Sayangnya, sejak awal tahun ini, kiprah Huawei di pasar smartphone Indonesia jauh menurun karena kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang melarangnya bekerja sama dengan perusahan AS. 

Akibat pandemi pula, industri elektronik global mengalami kendala pasokan chip, meskipun kebutuhan akan perangkat mobile tetap terpenuhi, sehingga kami juga berkesempatan untuk mengulas dan membagikannya kepada Sahabat Tek.

Hingga November 2021, setidaknya Tek.id telah mengulas 43 smartphone dari beragam kelas, mulai entry-level hingga flagship

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami membagi smartphone tersebut ke dalam beberapa kategori, yakni Best Flagship, Best High-End, Best Mid-Range, Best Entry-Level, Best Camera, Best Value, Best Gaming, Best All Rounder, dan Best Design. Kami membagi kategori tersebut berdasarkan harga produk ketika diluncurkan.

Sebagai transparansi untuk seluruh pembaca, kami menegaskan bahwa Tek Awards sepenuhnya berlangsung independen, tanpa intervensi dan tanpa sponsor dari pihak mana pun. Secara garis besar, kami memilih produk terbaik berdasarkan dua hal: benchmark sintentis dan pengalaman penggunaan.

Seluruh smartphone yang kami uji juga berbasis sistem operasi yang sama, yakni Android. Kami mengesampingkan iPhone karena dengan metode pemilihan yang kami pilih, produk Apple berada di kategori sendiri dan tak bisa dibandingkan secara adil dengan yang lain. Kendati begitu, bukan berarti kami menutup mata terhadap inovasi yang dihadirkan iPhone tiap tahun.

Pengambilan keputusan berlangsung melalui musyawarah mufakat. Kami menghargai pandangan tiap jurnalis Tek.id. Dengan segala kelebihan dan kekurangan Tek Awards 2021, kami ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh vendor smartphone: Vivo, Samsung, OPPO, Xiaomi, realme, Huawei, ASUS, Black Shark, serta Sharp atas kerja sama dengan Tek.id.

Semoga tahun 2022 kondisi dunia semakin membaik, bisnis lebih menggeliat, masyarakat bisa beraktivitas normal, dan tentu saja, kita bisa bersua lagi di berbagai acara tanpa rasa cemas. Berikut smartphone terbaik 2021 pilihan kami.

Best Flagship: Samsung Galaxy S21 Ultra

Smartphone Terbaik Tek Awards

Merek Samsung memang tak mungkin dilewatkan untuk smartphone kategori flagship. Kami merasa puas dengan smartphone flagship terbarunya, Galaxy S21 Ultra yang mampu memberikan performa unggulan dan kamera andalan. Terlebih smartphone ini juga mendukung S Pen sebagaimana Galaxy Note series. 

 

Best High-end: Samsung Galaxy A52s 5G

Smartphone Terbaik Tek Awards

Kami memilih Galaxy A52s dalam kategori ini. Catatan kami menunjukkan smarthone ini mampu menghasilkan skor performa yang tinggi bahkan dibanding smartphone flagship. Ini sejalan dengan pengalaman penggunaan yang nyaman dan bisa Anda andalkan. Selain membawa kapasitas penyimpanan internal yang besar, Galaxy A52s juga kekinian dengan dukungan jaringan 5G serta sertifikasi tahan air. 

 

Best Mid-range: POCO X3 GT

Smartphone Terbaik Tek Awards

Harga POCO X3 GT bisa dibilang tak masuk akal, jika dibandingkan dengan spesifikasi yang diusungnya. Betapa tidak, smartphone ini disokong dengan prosesor kelas tinggi Dimensity 1100 serta sejumlah fitur premium seperti refresh rate 120 Hz. Tak ketinggalan fitur premium lainnya seperti baterai besar dan kamera 64 MP. Semua spesifikasi tersebut dikemas dengan harga Rp4 jutaan. Menarik bukan? Itulah alasan kami memilih POCO X3 GT sebagai pemenang dalam kategori ini. 

 

Best Entry-level: POCO M3 Pro 5G

Smartphone Terbaik Tek Awards

Bukan POCO namanya kalau tidak menggebarak pasar dengan sesuatu yang istimewa, termasuk untuk smartphone kelas entry. Tak tanggung-tanggung, POCO melengkapi M3 Pro dengan jaringan generasi terbaru 5G. Meski tergolong smartphone entry, pengalaman kami menggunakan smartphone ini terasa nyaman bahkan untuk bermain gim yang tergolong berat seperti PUBG Mobile. Ini menjadikan POCO M3 Pro 5G kami nobatkan sebagai Best Entry Level.

 

Best Camera: vivo X70 Pro

Smartphone Terbaik Tek Awards

Kolaborasi vivo dengan Zeiss pada vivo X70 Pro sukses memukau kami. Kualitas foto maupun videonya patut diacungi jempol karena mampu mengakomodir berbagai objek dan pencahayaan. Terlepas dari kekurangannya dalam hal desain seperti casing yang licin dan absennya speaker stereo, kualitas kamera vivo X70 Pro memang pantas menjadi pemenang kategori ini. 

 

Best Value: POCO X3 Pro

Smartphone Terbaik Tek Awards

Hadir dengan prosesor kelas flagship dan spesifikasi premium seperti refresh rate 120 Hz hingga LiquidCool 1.0 Plus, memberikan kami pengalaman yang nyaman menggunakan POCO X3 Pro. Seperti smartphone POCO lainnya, POCO X3 Pro juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, mulai Rp3 jutaan. Tak ada lagi alasan bagi kami melewatkan smartphone ini sebagai Best Value. 

 

Best Gaming: Black Shark 4

Smartphone Terbaik Tek Awards

Persaingan smartphone gaming di Indonesia tahun ini memang tidak begitu sengit dengan jumlah vendor yang cukup minim. Pada akhirnya kami memilih Black Shark 4, berkat spesifikasi pendukung aktivitas gaming yang andal. Ini mencakup chipset 870 5G, refresh rate 144 Hz, hingga sistem pendinginan yang andal. Yang paling mengesankan adalah pengalaman mengklik tombol fisik bernama magnetic pop-up trigger. Pengalaman penggunaan fitur ini sangat memuaskan ketimbang menyentuh sensor sentuhan.

 

Best All Around: OPPO Reno6

Smartphone Terbaik Tek Awards

OPPO Reno6 diperkuat dengan chipset yang ditujukan untuk aktivitas gaming. Tak hanya itu, OPPO juga tak ketinggalan menyematkan sejumlah fitur pendukung fotografi maupun videografi dengan dukungan AI Mixed Portrait. Dilengkapi dengan fast charging 50W, OPPO Reno6 menjadi smartphone dengan paket lengkap, sehingga kami nobatkan sebagai Best All Around. 

 

Best Design: Samsung Galaxy Z Flip3

Smartphone Terbaik Tek Awards

Tak sekadar gimmick, konsep lipat pada Galaxy Z Flip3 turut mendukung kemampuan kamera yang diusung smartphone ini. Dengan melipat smartphone 90 derajat, aktivitas untuk selfie maupun vlog tak lagi membutuhkan bantuan tripod. Inovasi ini, dilengkapi dengan performanya yang sangat mumupuni membuat kami yakin Galaxy Z Flip3 pantas menjadi juara kategori Best Design. 

Editor
Share
×
tekid
back to top