sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 15 Nov 2021 13:16 WIB

Review Samsung Galaxy A52s, kaya fitur berkelas

Disebut Galaxy A52s 5G, smartphone ini dibekali dengan sejumlah spesifikasi yang cukup tinggi, mulai dari chipset hingga kameranya.

Review Samsung Galaxy A52s, kaya fitur berkelas

Samsung kembali menghadirkan smartphone kelas menengah dari jajaran Galaxy A. Disebut Galaxy A52s 5G, smartphone ini dibekali dengan sejumlah spesifikasi yang cukup tinggi, mulai dari chipset hingga kameranya. Tak hanya itu, smartphone ini juga membawa konfigurasi RAM dan penyimpanan yang besar, untuk mengakomodir aktivitas pengguna yang semakin mengandalkan smartphone. Untuk itu, simak review Galaxy A52s berikut ini. 

Desain

Satu hal yang menarik dari Galaxy A52s adalah desainnya. Menyasar pengguna kalangan muda, Samsung mengemas smartphone ini dengan warna-warna pastel yang cukup memikat. Unit yang Saya ulas kali ini berwarna hijau toska muda, atau disebut Samsung Awesome Mint.

Case-nya tampak menyatu dengan housing kamera belakang, sehingga tampak berbeda dengan smartphone pada umumnya, dimana housing kameranya memiliki desain yang terpisah dari case-nya. Materialnya juga terasa nyaman digenggam karena tak terasa licin di telapak tangan. 

Layarnya memiliki bentang 6,5 inci dengan panel Super AMOLED dan dukungan refresh rate 120Hz. Dengan kombinasi tersebut, layar smartphone ini terasa nyaman digunakan baik untuk menavigasi menu maupun menikmati konten. Sayangnya bezel layar pada Galaxy A52s menurut saya cukup tebal sehingga mengurangi kesan premium pada smartphone berteknologi 5G ini. 

Layar Galaxy A52s juga dihiasi dengan punch hole untuk mengakomodir kamera depan. Punch hole-nya terbilang kecil, sehingga tak begitu mengganggu tampilan layar. Sahabat Tek tetap bisa menikmati konten dengan nyaman. 

Penempatan tombolnya sebagaimana smartphone pada umumnya, dimana tombol power dan volume berdampingan di kanan smartphone. Slot kartu SIM-nya diposisikan di atas ponsel bersamaan dengan mikrofon. Slot ini mendukung kartu SIM ganda, namun salah satunya berjenis hybrid. Sementara bagian bawah ponsel dilengkapi dengan port USB tipe-C, speaker, mikrofon serta jack headphone 3,5mm. 

Performa

Performa Samsung Galaxy A52s disokong oleh chipset Snapdragon 778G yang digabungkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Samsung turut menyematkan fitur extended RAM, yang memungkinkan Galaxy A52s mendapat RAM tambahan hingga 4GB. Tak hanya itu, penyimpanan internalnya juga bisa diperluas hingga 1TB menggunakan microSD.

Dengan konfigurasi tersebut, smartphone ini mampu menunjang berbagai aktivitas Sahabat Tek baik dalam bekerja, sekolah maupun menikmati hiburan secara online. Ini termasuk untuk bermain gim-gim yang tergolong berat seperti PUBG Mobile. Sebab, chipset yang disematkan pada smartphone ini pun dirancang untuk mampu menopang aktivitas gim mobile.

Pengalaman Saya memainkan gim PUBG Mobile pada Galaxy A52s terasa nyaman. Untuk diketahui, Saya memainkan gim PUBG Mobile dengan pengaturan grafik Smooth - Extreme dan fitur anti aliasing aktif. Tak hanya itu, Saya juga mengaktifkan pengaturan refresh rate 120Hz. 

Menjalankan gim selama 2 jam dan dengan pengaturan tersebut, tak ada gejala lagging terasa sama sekali selama permainan. Grafisnya tampak stabil tanpa terjadi penurunan frame rate. Suhu smartphone juga terbilang normal tanpa peningkatan yang berarti. Sementara itu, baterainya terkuras sekitar 35%. Ini terbilang normal mengingat beragam fitur diaktifkan selama permainan. 

Secara umum, Galaxy A52s memang mumpuni bagi Sahabat Tek andalkan untuk bermain gim mobile. Apalagi dukungan refresh rate layar yang mencapai 120Hz, membuat permainan dalam dijalankan dengan nyaman dan responsif. Tentunya dukungan ini akan membuat Sahabat Tek lebih mudah menyerang lawan dan memenangkan permainan. 

Selain konfigurasi chipset, RAM dan penyimpanan internalnya, Galaxy A52s juga dibekali baterai dengan kapasitas 4.500 mAh untuk mendukung performa ponsel. Kapasitas ini terbilang cukup lumayan untuk menunjang berbagai aktivitas. Sayangnya teknologi fast charging yang melengkapi adaptor bawaan smartphone ini hanya 25W, sehingga pengisian ulang baterai terbilang cukup lama, mencapai sekitar 2 jam, dari 1% hingga penuh. Namun pengisian selama satu jam, mampu mengisi daya hingga 70% lebih. Sementara daya tahannya, mengacu aplikasi PCMark, mencapai 11 jam 27 menit. 

Untuk menguji performa smartphone ini, Saya juga melakukan benchmark dengan aplikasi 3DMark, PCMark dan Geekbench. Skor yang dihasilkan Galaxy A52s juga cukup tinggi jika dibanding smartphone lain di kelas yang sama.

Yang tak kalah menarik, Galaxy A52s juga dibekali dengan sertifikasi tahan air IP67. Saya beberapa kali menggunakan smartphone ini di dalam air untuk menguji ketahanannya dengan sertifikasi tersebut. Hasilnya, smartphone ini tetap bisa berjalan dengan baik, meskipun tak bisa dioperasikan di dalam air. Meski begitu, performa smartphone tetap terjaga dengan normal dan bisa diandalkan saat dioperasikan setelah berinteraksi dengan air. 

    Share
    ×
    tekid
    back to top