Smartphone 5G bakal populer di tahun 2023

Canalys melaporkan bahwa smartphone yang mendukung 5G akan lebih populer dibanding smartphone 4G pada tahun 2023 mendatang.

Smartphone 5G bakal populer di tahun 2023 Source: Marketplace

Perusahaan analis Canalys baru saja menerbitkan perkiraan mengenai pasar smartphone 5G. Dilansir dari GSM Arena (1/7), diperkirakan smartphone yang mendukung 5G akan mengungguli jumlah smartphone 4G pada tahun 2023 mendatang.

Pada saat itu, produsen smartphone diklaim akan mengirimkan sekitar 1,9 miliar perangkat yang mendukung jaringan 5G. Dilaporkan di tahun 2023 mendatang, perangkat 5G akan mencapai sekitar 51,4 persen dari pangsa pasar. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mitos 5G dan pertanyaan seputarnya

Telkomsel bakal siapkan 5G untuk perusahaan kertas

Monetisasi 5G masih sulit dilakukan


Selain itu, di Cina diperkirakan akan mengonsumsi 34 persen dari pengiriman dan diikuti oleh Amerika Utara dengan 18,8 persen. Kemudian diikuti oleh Asia Pasifik dengan 17,4 persen. Canalys juga menunjukkan bahwa hal tersebut karena upaya pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan 5G. Akibatnya pada awal 2020 mendatang di Cina, perangkat 5G diperkirakan akan menyumbang 17,5 persen dari total volume. 

"Smartphone 5G akan diadopsi dengan cepat di Tiongkok, berkat roadmap teknologi pemerintah yang kuat dan kemampuan finansial operator. Cina juga merupakan rumah bagi banyak pemasok peralatan 5G utama dan vendor smartphone, yang akan bertanggung jawab atas pemasaran perangkat 5G selama beberapa tahun ke depan," kata VP mobile Canalys, Nicole Peng. 

Sejauh ini, telah terdapat beberapa smartphone yang telah mendukung teknologi 5G. Seperti Samsung Galaxy S10 5G, LG V50 ThinQ, OnePlus 7 Pro, Oppo Reno 5G, dan Moto Z4 Motorola yang dihubungkan dengan mod Moto 5G. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: