Setengah hari bersama ASUSPRO P5440U, laptop bisnis penantang ThinkPad

Melalui ASUSPRO P5440U, Asus menawarkan laptop bisnis yang tangguh namun ringan dengan desain elegan pesaing laptop bisnis legendaris ThinkPad, namun dengan harga yang lebih menawan.

Setengah hari bersama ASUSPRO P5440U, laptop bisnis penantang ThinkPad ASUSPRO P5440U

Asus kembali ingin mengincar pangsa pasar laptop premium di Indonesia. Kali ini, mereka lebih menyasar para pebisnis kelas atas yang menginginkan sebuah laptop yang memiliki desain elegan namun tetap terkesan cocok untuk pebisnis.

Adalah ASUSPRO P5440U, laptop yang dikatakan akan bersaing dengan laptop bisnis legendaris seperti ThinkPad. Untuk bersaing, Asus pun memberikan sedikit fitur ekstra di laptop tersebut.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Xiaomi tertarik gunakan prosesor AMD di perangkat terbaru mereka

MSI perkenalkan Alpha 15, laptop ‘all 7nm’ gaming pertama

HP Chromebook x360 punya stylus universal


Laptop ini akan hadir dengan pilihan dua prosesor, yakni Intel Core i5-8250U dan i7-7500U. Kebetulan, saya mendapatkan versi i7 untuk dicoba sekira setengah hari.

Desain dari laptop ini menurut saya sangat terlihat elegan dan cocok untuk para petinggi perusahaan atau pebisnis. Asus mengatakan, untuk menambah mobilitas, laptop ini akan memiliki bobot hanya sekitar 1,2 kg saja.

Selain itu, ASUSPRO P5440U juga memiliki tingkat ketipisan yang cukup mengagumkan. Sekali lagi, hal ini kembali dikarenakan untuk memberikan mobilitas yang sangat tinggi untuk para penggunanya. Dan saya menyukainya.

Yang membedakan laptop ini dengan laptop bisnis lain adalah kehadiran engsel yang cukup unik. Asus memberikan sudut engsel layar hingga 180 derajat. Hal ini memudahkan saya untuk mendapatkan sudut yang tepat saat bekerja.

Engsel-nya pun sangat ringan. Saya bisa membuka layar dengan satu tangan dengan sangat mudah, namun saat sudah menemui posisi yang tepat, layar dari laptop ini tidak mudah untuk bergerak dari tempatnya.

Layarnya sangat memanjakan mata saya karena menggunakan panel LED FHD 1080p di ukuran 14 inci. Meskipun begitu, saya lebih memilih untuk menggunakan adik dari laptop ini, yakni ZenBook UX333.

Pengalaman mengetik di laptop ini sayangnya kurang mengasyikkan. Saya lebih memilih untuk menggunakan keyboard di laptop ThinkPad, meski harus saya akui keyboard di ASUSPRO P5440U jauh lebih nyaman digunakan dari laptop Asus lainnya.

Respon dari laptop ini pun cukup baik. Menggunakan SSD M.2 Sata hingga 512GB dan RAM hingga 8GB, membuat laptop ini sangat mumpuni untuk bekerja. Apa lagi, Asus sudah memberikan OS Windows 10 Pro di laptop tersebut.

Bagi saya yang sering kali membawa banyak perangkat, seperti mouse, penyimpanan eksternal, dan perangkat lainnya, I/O di laptop ini juga mumpuni lho. Terdapat dua USB 3.0 dan satu USB Type C di ASUSPRO P5440U. 

Terdapat juga sebuah headphone jack dan HDMI, serta SD Card reader. Tentu saja, hal ini disematkan untuk memudahkan para penggunanya.

Oh iya, masalah baterai. Pihak Asus mengatakan bahwa laptop ini dapat bertahan selama lebih dari 5 jam dalam pemakaian yang intensif. Sayang, saya belum dapat memastikan apakah klaim ini benar adanya.

Meski memiliki bobot yang ringan, tapi Asus mengatakan bahwa laptop ini sudah memiliki sertifikasi militer. Meski tidak setinggi laptop mereka yang lain, namun sertifikasi ini membuat saya percaya diri untuk membawa laptop ini kemana saja.

Sayang, meski telah mencobanya selama setengah hari, saya belum berkesempatan untuk melakukan benchmark. Namun, bagi Anda yang memiliki uang di kisaran mulai dari Rp13,8 juta dan ingin memiliki laptop bisnis dengan desain yang ciamik, ASUSPRO P5440U bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: