Sempat down, layanan Telkomsel dan Ovo normal lagi

Sejumlah layanan milik Telkom Group terganggu dan menyebabkan pelanggan kesulitan mengakses internet dan layanan lainnya seperti biasa.

Sempat down, layanan Telkomsel dan Ovo normal lagi (Foto: Tek.id)

Kemudahan yang dirasakan dari kehadiran teknologi memang memanjakan penggunanya. Namun kekurangannya, ketika layanan berbasis teknologi itu terhenti karena masalah teknis, bisa membuat kita mati gaya. 

Seperti saat Telkomsel dan Ovo tumbang belum lama ini. Sejumlah layanan milik Telkom Group terganggu dan menyebabkan pelanggan kesulitan mengakses internet dan layanan lainnya seperti biasa. Masalah ini pun diakui oleh perusahaan tanpa menjelaskan penyebabnya secara rinci. Telkomsel hanya menyebut terjadi gangguan pada akses internet international Telkom Group.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kuliah dengan beasiswa, pendaftaran ditutup hari ini

Satelit Kacific hadirkan internet untuk daerah terpencil Indonesia

Bagaimana layanan GoFood dan GrabFood mengubah kebiasaan?


"Telah terjadi penurunan kualitas layanan data internet yang disebabkan oleh gangguan pada akses internet international Telkom Group sedangkan untuk layanan voice dan SMS tetap berjalan normal... Saat ini layanan internet mulai berangsur pulih dan kami terus mengupayakan agar layanan internet dapat kembali normal. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel (5/11).

Telkom juga mengakui adanya kendala yang terjadi. Berdasarkan pernyataan perusahaan, gangguan terjadi selama 45 menit. Setelah dilakukan perbaikan, layanan internet Telkom Group kembali bisa digunakan dengan normal.

"Terkait adanya gangguan akses internet internasional TelkomGroup, dapat kami informasikan bahwa proses perbaikan telah selesai dilakukan. Gangguan yang sempat terjadi selama 45 menit ini dapat disolusikan pada pukul 11:10 WIB. Saat ini semua layanan TelkomGroup sudah beroperasi normal," kata VP Corporate Communication Telkom Indonesia.

"Telkom memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dialami pelanggan yang terkena dampak gangguan. Proses recovery sudah selesai dilakukan dan pelanggan dapat menggunakan layanan TelkomGroup kembali seperti sedia kala."

Ovo juga tumbang

Tak hanya Telkomsel, Ovo juga ikut tumbang di saat yang sama. Gangguan bahkan terjadi dalam waktu cukup lama. Akibatnya, pelanggan tak bisa melakukan transaksi. Tampilan utama aplikasi pun sulit tayang karena aplikasi langsung tertutup kembali setelah pengguna membuka kunci aplikasi. Tak hanya itu, Ovo menolak menerima kata sandi maupun sidik jari yang telah dipindai.

Rupanya masalah ini terjadi akibat gangguan jaringan, sehingga mempengaruhi sebagian pengguna layanan perusahaan.

"Aplikasi OVO sedang mengalami gangguan sebagai akibat dari gangguan jaringan yang mempengaruhi sebagian pengguna OVO. Tim OVO sedang berupaya untuk mengatasi kendala ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna dan merchant OVO," kata Head of Public Relation OVO, Sinta Setyaningsih kepada Tek.id.

Masalah ini lantas ramai diperbincangkan warganet di Twitter. Mayoritas warganet mengatakan tak bisa mengakses internet melalui layanan Telkom Group dan Ovo. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: