Sekarang kamu tidak bakal bisa masuk grup WhatsApp berulang kali

WhatsApp akhirnya merilis daftar fitur baru yang sebelumnya diumumkan dalam ajang developer tahunan Facebook atau disebut F8 beberapa waktu lalu

Sekarang kamu tidak bakal bisa masuk grup WhatsApp berulang kali (Foto: Shutterstock)

WhatsApp akhirnya merilis daftar fitur baru yang sebelumnya diumumkan dalam ajang developer tahunan Facebook atau disebut F8 beberapa waktu lalu. Kini deretan fitur itu pun telah tersedia melalui pembaruan baik untuk WhatsApp versi iOS maupun Android.

Sebagai catatan, fitur baru ini difokuskan WhatsApp pada obrolan grup dalam platform-nya. Fitur baru pertama yaitu memungkinkan pengguna untuk menambahkan deskripsi grup. Fitur ini akan menjelaskan tujuan, pedoman atau topik yang dibahas dalam grup. Deskripsi ini akan muncul di baian atas laman grup sehingga memberikan penjelasan bagi anggota grup baru.

Kini Anda juga akan menemukan notifikasi ketika Anda ditandai oleh pengguna lain, meski hanya melalui ikon "@". Ikon tersebut akan Anda temui di kanan bawah kolom obrolan grup. Ikon itu juga akan disertai angka, sesuai dengan jumlah obrolan yang menandai Anda.

Dengan menekan ikon tersebut, Anda akan diarahkan pada semua pesan dimana Anda ditandai sehingga Anda tak ketinggalan topik obrolan yang diperbincangkan di grup. Pengguna juga kini memiliki kemampuan untuk mengetahui siapa saja yang berpartisipasi dalam obrolan grup melalui info grup.

Yang menarik dari pembaruan ini adalah admin grup yang kini memiliki kemampuan untuk membatasi siapa saja yang bisa mengubah subjek, ikon dan deskripsi pada grup. Tak hanya itu, admin grup WhatsApp juga mampu menghapus admin lain yang juga merupakan anggota grup tersebut.

Fitur lainnya yaitu pengguna kini tak bisa bergabung dengan WhatsApp berulang kali. Artinya, pengguna tak memiliki kemampuan untuk bergabung kembali dalam sebuah grup jika ia memilih untuk keluar sebelumnya.

"Kami juga memperkenalkan fitur perlindungan dimana pengguna tak bisa mengulang untuk ditambahkan pada grup yang sama jika dia telah keluar," ujar WhatsApp dalam blog resminya.

Semua fitur tersebut kini telah diluncurkan whatsApp untuk iOS dan Android. Anda bisa memeriksa pembaruan melalui toko aplikasi smartphone Anda. Demikian dilansir Phone Arena.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: