sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 14 Jul 2020 16:06 WIB

Sejarah Oppo Reno, membangun seri premium yang penuh inovasi

Seri smartphone yang termasuk dalam segmen high end premium ini kabarnya akan terus meluncurkan produk baru dengan fitur dan teknologi cangih.

Sejarah Oppo Reno, membangun seri premium yang penuh inovasi

Tidak lama lagi, Oppo dikabarkan akan meluncurkan seri baru Oppo Reno4 di Indonesia, menyusul peluncuran seri ini pertama kali di Tiongkok awal Juni lalu. Smartphone yang termasuk dalam segmen high end premium ini kabarnya akan kembali menawarkan berbagai fitur dan teknologi cangih.

Jika melihat dari perangkat yang meluncur lebih dulu di Tiongkok, Reno4 tampaknya masih akan mengusung konfigurasi multi kamera utama. Dimana varian Pro akan dibekali 48MP sebagai kamera utama, 13MP lensa telephoto, dan 12MP lensa ultra-wide. Sementara untuk kamera muka, Reno4 akan dibekali kamera ganda 32MP dan 2MP, dan hanya sebuah kamera 32MP untuk varian Pro.

Ada pun peningkatan dari seri Reno4 adalah dukungan pengisian cepat. Menurut perangkat yang sudah meluncur lebih dulu di negara asalnya, Reno4 dan Reno4 Pro akan didukung oleh dukungan pengisian cepat SuperVOOC 2.0 65W. Teknologi pengisian cepat ini diklaim dapat mengisi daya baterai hingga penuh hanya dalam 36 menit saja.

Perangkat ini kabarnya juga akan dibekali dengan prosesor Snapdragon 765G, pilihan RAM 8GB (Reno4 dan Reno4 Pro) dan 12GB (Reno4 Pro) serta kapasitas penyimpanan hingga 245GB untuk varian Pro.

Jika menilik sedikit sejarah seri Reno, Oppo mengenalkan seri ini sebagai seri High End Premium. Dimana seri ini menawarkan keseimbangan antara teknologi terkini yang dikemas dalam desain dengan tampilan mewah. Seri ini juga merupakan perwujudan dari ‘The Art of Tecchnology’ yang mengombinasikan seni dan teknologi. Remo sedniri merupakan kependekan dari CREATIVE INNOVATION, tek heran seri baru dari perangkat ini selalu membawa inovasi pada industri teknologi.

Oppo R17 Pro

Oppo R17 Pro

Kehadiran Reno series dimulai sejak kemunculan perangkat Oppo R17 Pro. Perangkat ini lah yang menjadi seri pertama yang menggeser jargon “Selfie Expert” menjadi “Camera Phone”. Perubahan jargon ini juga menjadi tantangan bagi Oppo. Hal ini dikarenakan mereka kini tak hanya berfokus pada kemampuan apik dari kamera depan saja, namun juga kamera utamanya. Seri R17 Pro juga menjadi pembuka jalan bagi segmen Premium High End dan awal dari lahirnya seri baru Reno.

Oppo 10X Lossless Zoom

MWC 2017 menjadi ajang yang tidak terlupakan bagi Oppo. Karena dalam ajang tersebut, Oppo memamerkan prototype konsep 5x Dual Camera Zoom yang terinspirasi oleh periskop pada kapal selam.

Melalui teknologi ini, OPPO menanamkan kamera ganda lensa sudut lebar dan lensa telefoto. Sebagai solusi lensa telephoto yang ditempatkan pada ruang perangkat yang tipis, OPPO menggunakan struktur gaya periskop untuk mengemat ruang yang membuat kamera zoom optical pada smartphone dapat tampil ramping.

Barulah pada tahun 2019, Oppo mengenalkan teknologi 10x Lossless Zoom pertama di dunia pada Oppo 2019 Innovation Event yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Teknologi ini dibuat menggunakan spesifikasi kamera terkemuka di industri, termasuk struktur kamera tiga lensa yang terdiri dari lensa telefoto, lensa sudut ultra lebar, dan kamera utama. Dalam acara yang sama, Oppo juga memperkenalkan Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera utama dan lensa telefoto untuk mendapatkan hasil gambar minim guncangan.

Oppo Reno dan Reno 10x Zoom

Oppo Reno resmi dikenalkan pada 17 Juni 2019 lalu melalui dua seri Oppo Reno dan Oppo Reno 10x Zoom di pasar Indonesia. Oppo merilis dua perangkat yang menawarkan berbagai fitur canggih.

Untuk memberikan kebebasan untuk menyalurkan hobi fotografi, OPPO Reno 10x Zoom mengenalkan struktur kamera depan yang dapat keluar jika dibutuhkan. Struktur yang bernama pivot rising camera ini akan keluar jika pengguna mengaktifkan kamera depan atau menyalakan lampu flash.

Perangkat OPPO Reno 10x Zoom juga menjadi perangkat smartphone resmi pertama yang mengusung prosesor Snapdragon 855 di Indonesia. Selain itu, Reno 10x Zoom dibekali baterai besar 4065 mAh yang didukung dengan pengisian cepat VOOC 3.0.

Reno 10x Zoom juga hadir membawa keunggulan pada sisi kamera dimana perangkat ini dilengkapi 3 kamera utama, Kamera 48 Megapixel, kamera sudut lebar 8 MP dan kamera telephoto 13 MP.

Pada 25 Juli 2019, Oppo mengenalkan edisi khusus Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona Edition, kerja sama antara Oppo dengan FC Barcelona ini kabarnya sudah terjalin sejak 2015. Tak hanya edisi khusus FC Barcelona, Oppo juga meluncurkan tiga edisi khusus Oppo Reno 10x Zoom Artis Edition yang menampilkan karya dari Darbotz, Arkiv Vilmasa, Ronald Aprian, Eko Nugroho.

Melihat respons yang positif, Oppo Reno 10x Zoom kembali merilis edisi spesial yang menawarkan kapasitas RAM 12GB. Perangkat ini disiapkan untuk menyasar kalangan profesional yang membutuhkan perangkat yang membutuhkan kinerja sistem yang gesit kapan saja. Seperti para profesional yang mengerjakan banyak hal bersamaan, atau pialang saham yang harus memantau aplikasi yang terus berjalan.

Oppo Reno2 Series

Seri Reno selanjutnya adalah Oppo Reno2 yang meluncur di Indonesia pada 8 Oktober 2019. Oppo mengenalkan dua perangkat yakni Reno2 dan Reno2 F. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera 5x Hybrid Zoom yang mampu mengambil subjek di kejauhan. Ada pula mode Ultra Dark yang dapat menghasilkan fotografi malam hari yang jernih. Oppo juga menyematkan teknologi Ultra Steady Video untuk perekaman video yang stabil.

Untuk menyambut tahun 2020 yang dikenal sebagai tahun tikus, Oppo meluncurkan edisi spesial Disney untuk perangkat Reno2 F yang menampilkan corak Mickey dan warna baru Nebula Green. Edisi spesial ini merupakan bentuk kolaborasi Oppo dan Disney untuk merayakan “The Year of Mouse” pada tahun 2020.

Oppo juga meluncurkan edisi terbatas Year of The Mouse dengan grafis khusus yang dikemas secara ekslusif dalam sebuah fortune bag yang terdiri dari sebuah wireless bluetooth earphone Oppo Enco Q1 yang dilengkapi dengan teknologi hybrid active noise cancelling.

Oppo Reno3 Series

Seri Reno selanjutnya yang diluncurkan Oppo adalah Reno3. Perangkat ini diluncurkan pada 17 Maret 2020 dengan membawa fitur unggulan 48MP Zoom Quadcam, 44MP Ultra Night Selfie, 5x Hybrid Zoom, dan 108MP Ultra Clear Image.

Reno3 juga membawa evolusi dari fitur Ultra Steady Video yang hadir sejak perangkat Reno2 dikenalkan. Versi baru ini, Ultra Steady Video 2.0 memanfaatkan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang dikembangkan dengan algoritma baru sehingga meningkatkan efek anti-shake. Hasilnya pengguna akan mendapatkan rekaman video dengan frame rate 1080p 60fps dan 1080p 30fps dengan hasil yang baik.

Untuk seri terbaru Reno adalah Reno3 Pro. Perangkat ini mengusung tagline “Clear in Every Shot”, di sini Oppo sekali lagi ingin menegaskan bahwa seri ini merupakan seri yang disiapkan untuk fotografi. Oppo Reno3 Pro membawa konfigurasi empat kamera utama yang terdiri dari 64MP Ultra-Clear, 13MP telefoto, 8MP wide-angle, dan 2MP lensa mono.

Itu tadi sejarah perjalanan seri Reno yang sudah meluncur di Indonesia. Jika melihat beberapa isu yang sudah beredar, kemungkinan Oppo Reno4 akan kembali mengusung multi kamera untuk mengaskan bahwa seri Reno merupakan smartphone dengan kemampuan fotografi terdepan. Selain itu, ada kemungkinan perangkat ini juga akan membawa pengisian cepat 65W, seperti pada versi yang meluncur di Tiongkok.

Editor
Share
×
tekid
back to top