sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Jumat, 28 Agst 2020 12:40 WIB

Samsung masih belum bisa lampaui Qualcomm

Exynos 1000 dikabarkan belum akan gunakan GPU dari AMD, membuatnya masih akan tertinggal dari snapdragon 875.

Samsung masih belum bisa lampaui Qualcomm
Samsung Exynos

Selama ini, Exynos dan Snapdragon merupakan dua SoC yang saling bersaing ketat jika berbicara mengenai performa. Kedua prosesor tersebut memang memiliki performa yang sangat baik, namun Snapdragon masih mengungguli Exynos.

Sepertinya, tren ini akan terus berlangsung selama beberapa tahun lagi. Soalnya, pembocor ulung Ice Universe di akun Twitternya mengungkapkan bahwa Exynos 1000 tidak akan memiliki performa yang setara dengan Snapdragon 875.

Dia mengatakan, prosesor terbaru Samsung tersebut masih belum akan menggunakan GPU milik AMD di Exynos 1000. Hasil kolaborasi keduanya dikabarkan baru akan terjadi pada 2022 mendatang.

Di sisi lain, Qualcomm pun disebut akan segera memperkenalkan CPU generasi selanjutnya yang akan menggunakan GPU Adreno 7, yang akan memiliki performa yang sangat baik jika dibandingkan dengan GPU Adreno yang ada di pasaran saat ini.

Tapi seperti diketahui, selama ini Exynos memiliki kelemahan di bidang GPU. Jadi, dengan mendapatkan bantuan dari AMD, diharapkan perbedaan performa dari kedua SoC ini akan terus mengecil.

Wccftech (28/8) melaporkan, kedua SoC ini dikabarkan akan memiliki teknologi fabrikasi 5nm terbaru. Keduanya diharapkan akan memiliki performa dan penggunaan daya yang lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Persaingan keduanya pun membuat pasar smartphone, terutama di segmen high-end semakin menarik. Para pengguna pun akan mendapatkan lebih banyak pilihan sesuai dengan keinginan dan budget mereka masing-masing.

Share
×
tekid
back to top