sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 05 Mar 2024 09:59 WIB

Samsung ingin pakai teknologi MUF untuk produksi DRAM canggih

Samsung sedang mempertimbangkan untuk memasukkan teknologi molded-in-fill (MUF) ke dalam Dynamic Random Access Memory (DRAM) generasi mendatang.

Samsung ingin pakai teknologi MUF untuk produksi DRAM canggih

Samsung sedang mempertimbangkan untuk memasukkan teknologi molded-in-fill (MUF) ke dalam Dynamic Random Access Memory (DRAM) generasi mendatang. Langkah ini menandakan eksplorasi teknik inovatif Samsung untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi solusi memorinya. Teknologi MUF, yang sebelumnya digunakan oleh SK Hynix dalam produksi memori bandwidth tinggi (HBM), menawarkan prospek yang menjanjikan bagi upaya DRAM Samsung di masa depan.

Dilansir dari Gizmochina (4/3), teknologi MUF melibatkan penyuntikan material di antara semikonduktor setelah mengebor banyak lubang kecil di lapisan semikonduktor. Proses ini bertujuan untuk menghubungkan beberapa semikonduktor yang ditumpuk secara vertikal dengan aman.

Pengujian terbaru Samsung pada proses MR MUF untuk memori bertumpuk 3D telah menunjukkan peningkatan throughput dibandingkan dengan metode konvensional seperti film non-konduktif yang ditekan secara termal (TC NCF). Namun, ada pertimbangan mengenai dampaknya terhadap karakteristik fisik.

Meskipun Samsung menganggap MUF tidak cocok untuk teknologi HBM karena persyaratan tertentu, Samsung melihat potensi penerapan dalam modul memori ganda in-line (RDIMM) terdaftar 3DS, yang terutama digunakan di lingkungan server. Keputusan ini sejalan dengan komitmen Samsung untuk memajukan teknologi memori DRAM server untuk memenuhi permintaan industri yang terus berkembang.

Keberhasilan MUF dalam produksi HBM oleh SK Hynix telah menarik perhatian industri semikonduktor. Senyawa cetakan epoxy resin ini diyakini menawarkan keuntungan seperti mencegah lengkungan wafer dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Upaya Samsung untuk mengembangkan senyawa MUF miliknya sendiri melalui kerja sama dengan Samsung SDI menunjukkan langkah strategis untuk menciptakan solusi eksklusif yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Potensi adopsi teknologi MUF oleh Samsung memiliki arti penting bagi pasar semikonduktor. Sebagai perusahaan semikonduktor penyimpanan terkemuka di dunia, dukungan Samsung terhadap MUF dapat mengkatalisasi penerimaan dan penerapannya secara luas sebagai teknologi mainstream. Perkembangan ini berpotensi membentuk kembali lanskap pasar material semikonduktor, mendorong transformasi signifikan dalam industri.

Share
×
tekid
back to top