sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Selasa, 07 Mar 2023 14:07 WIB

Review realme C55 NFC, performa terbaik di kelasnya!

Dihargai dikisaran Rp2 juta-an, realme C55 NFC menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan smartphone lain dikelasnya, mulai dari kamera yang ciamik, desain yang kece, serta fitur lain yang tak kalah menariknya yang membuat smartphone ini terbaik di kelasnya!

Review realme C55 NFC, performa terbaik di kelasnya!

Pada akhir 2022 lalu, penjualan smartphone premium mengalami penurunan. Namun, di sisi lain, smartphone entry level dengan harga Rp2 juta-an dilaporkan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, persaingan smartphone entry level akan memanas sepanjang 2023 ini. Dan seakan tidak ingin terlambat, realme pun bergerak cepat dengan meluncurkan realme C55 NFC di Indonesia.

Ada beberapa peningkatan yang dibawa oleh C55 NFC jika dibandingkan dengan pendahulunya. Salah satu peningkatan tertinggi ada di kamera, memory, dan desain, yang membuat smartphone ini adalah smartphone dengan harga terbaik dengan kamera dan memory terbaik di kelasnya. 

Nah, tanpa berlama lagi, ini pengalaman kami dalam menggunakan realme C55 NFC!

Selama pengujian, kami menemukan beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan para pendahulunya. Kami akan mulai dari membahas desainnya, yang kini memiliki desain yang lebih menawan.

realme mengatakan bahwa mereka menggunakan desain bernama Sunshower, dimana diinspirasi dari alam. realme C55 hadir dari total 500 ribu partikel cahaya yang membentuk garis mikroskoskopik vertikal yang membuat desainnya terlihat menawan. 

Tak ketinggalan, mereka juga menggunakan material 2,5D yang diproses untuk menghasilkan efek stereo glowing. Smartphone ini juga hadir dengan ketipisan 7,89mm, dengan bobot 189,5 gram saja.

Selama kami gunakan, desain kotak dari perangkat ini surprisingly nyaman untuk digenggam. Desain housing kamera dari C55 NFC ini juga cukup menarik, dengan dua housing kamera besar dan flash light vertikal.

Di sebelah kiri terdapat slot untuk SIM Card, sedangkan di sebelah kanan terdapat tombol volume beserta tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Dan selama penggunaan, pemindai sidik jari ini sangat responsif.

Beralih ke bagian depan, kita juga akan melihat berbagai peningkatan desain yang cukup signifikan. Salah satunya adalah digunakannya desain punch hole yang lebih modern, beralih dari teardrop.

Panel yang digunakan juga di upgrade besar-besaran. Kini, realme memberi C55 NFC panel layar dengan resolusi FHD+ serta refresh rate 90Hz. Besaran layarnya kini berukuran 6,72 inci dengan rasio layar 91,4 persen. Dengan layar ini, kami dengan puas dapat menikmati konten film serta media sosial tanpa banyak gangguan.

Selain layar, peningkatan utamanya ada di bagian kamera. realme benar-benar membawa sebuah hal yang menyegarkan untuk jajaran C series terbaru mereka. Soalnya, kamera utama dari C55 NFC ini menggunakan kamera 64MP.

Ada beberapa mode unggulan yang ditawarkan oleh kamera utama dari perangkat ini, yakni mode malam dan street photography. Tapi, ada fitur lain yang gak kalah seru seperti mode bokeh flare portrait dan AI color portrait. Berikut ini kumpulan hasil foto yang telah kami ambil menggunakan realme C55 NFC: 

Semua hasil foto yang kami ambil menggunakan reamle C55 NFC memiliki hasil yang sangat memuaskan. Tapi, fitur yang benar-benar kami suka dari perangkat ini adalah street photography.

Kenapa fitur ini? Soalnya, fitur street photography sebelumnya hadir di smartphone flagship dan perangkat di harga yang lebih tinggi. Jadi, dengan hadirnya fitur ini akan meningkatkan pengalaman mengambil gambar.

Nah untuk kamera depannya, smartphone ini hadir dengan kamera 8MP yang juga tak kalah jernihnya dalam mengambil gambar. Hal ini membuat kalian dapat mengambil gambar dalam keadaan apapun tanpa harus khawatir gagal.

Selain memiliki desain dan kamera yang ciamik, realme juga tak luput untuk mengupgrade dari sisi performa. Bukan hanya dari sisi SoC saja, namun mereka juga melakukan upgrade di sisi RAM dan penyimpanan.

Untuk SoC, mereka menggunakan MediaTek Helio G88, yang termasuk SoC mid-range dengan kemampuan yang cukup mumpuni. SoC Octa-core ini dapat berjalan di kecepatan 2GHz dengan GPU Mali-G52, yang dapat melibas gim dengan cukup andal. Dan berikut hasil pengujian kami :

 

 

RAM dan penyimpanan yang dimiliki realme C55 NFC ini juga tak tanggung-tanggung. Kalian dapat memilih varian RAM hingga 8GB dan penyimpanan 256, dimana adalah yang terbesar di segmen harga ini.

Tak sampai di situ saja, perangkat yang satu ini juga hadir dengan fitur RAM Dynamic, dimana pengguna dapat menambahkan RAM secara virtual hingga 8GB, dimana membuat realme C55 NFC ini dapat memiliki RAM hingga 16GB.

Sementara untuk penyimpanan, mereka menggunakan penyimpanan hingga 256GB. Dan jika masih belum cukup lega, pengguna dapat menambahkan MicroSD hingga 1TB.

Nah tak ketinggalan, upgrade yang cukup menarik lainnya adalah hadirnya fitur NFC di realme C55 NFC. Dihadirkannya fitur ini oleh realme karena saat ini, tingkat pemanfaatan fitur NFC semakin terasa oleh masyarakat Indonesia di semua kalangan.

Performa apik dari realme C55 NFC ini juga didukung dengan baterai yang cukup besar. Mereka menyematkan baterai sebesar 5000mAh, dimana selama penggunaan, baterainya bisa bertahan hingga lebih dari 18 jam penggunaan.

Bermain gim seperti PUBG, MLBB, Genshin Impact, dan beberapa gim lainnya juga tidak terasa terlalu boros. Dalam penggunaan selama sekitar 30 menit di pengaturan medium, baterai yang terkuras ada di kisaran 9 hingga 11 persen saja.

Dan untuk pengisian daya, mereka juga sudah menyematkan pengisian daya 33W yang tercepat di kelasnya. Selama pengujian, rata-rata pengisian daya selama pemakaian kami, dari 0 hingga 100 persen dapat terisi dalam waktu 61 hingga 68 menit saja.

Terakhir, untuk UI sendiri, realme sudah menyematkan OS realme UI 4.0 berbasis Android 13 di C55 NFC. Untuk sementara ini, OS ini merupakan OS terkini dengan pengalaman penggunaan terbaik.

Fitur baru yang dibawa oleh perangkat ini adalah hadirnya fitur Mini Capsule. Fitur ini akan hadir dengan beberapa fitur yang akan beradaptasi dengan layar dan akan mengisi area sekitar kamera punch-hole.

Beberapa hal yang dapat dilakukan menggunakan fitur ini adalah menghadirkan notifikasi baterai dan pengisian daya, menampilkan penggunaan data, dan juga menampilkan statistik langkah.

Namun sayang, saat kami melakukan pengujian, kami baru bisa menggunakan fitur notifikasi pengisian daya saja, sedangkan untuk updatefungsi untuk fitur ini akan dilakukan melalui pembaruan OTA di dalam waktu dekat.

Kesimpulan : Terbaik di kelasnya

Di kelas entry level realme C55 NFC merupakan salah satu smartphone terbaik di kelasnya. Berbagai fitur ditawarkan oleh realme, sehingga membuat smartphone yang satu ini tidak terasa seperti smartphone di entry level.

Hadirnya kamera 64MP dengan kemampuan yang apik, penyimpanan besar 256GB yang dapat diekspansi menggunakan MicroSD hingga 1TB, RAM 8GB yang dapat diekspansi hingga 16GB, charging cepat 33W, serta desain Sunshower yang ciamik membuat perangkat ini salah satu yang terbaik dikelasnya.

Untuk harga sendiri, realme C55 NFC akan dijual dengan harga mulai Rp2.399.000, realme C55 NFC bisa didapatkan melalui Flash Sale mulai dari 8-10 Maret, serta akan tersedia secara luas pada tanggal 11 Maret 2023.

Perangkat ini tersedia dengan varian warna Sunshower dan Rainy Night, dan akan tersedia varian storage (6GB+6GB*|128GB) dan (8GB+8GB*|256GB). Pada platform online, realme C55 NFC (6GB+6GB*|128GB) akan tersedia secara eksklusif di realme.com, Shopee, dan Akulaku.

Editor
Share
×
tekid
back to top