Reddit blokir subreddit video penembakan di New Zealand

Reddit memblokir tiga komunitas dalam platform-nya termasuk subreddit r/watchpeopledie dan r/gore pada Jumat (16/3), atau setelah peristiwa penembakan di Masjid New Zealand berlangsung.

Reddit blokir subreddit video penembakan di New Zealand (Foto: Search Engine Journal)

Reddit memblokir tiga komunitas dalam platform-nya termasuk subreddit r/watchpeopledie dan r/gore pada Jumat (15/3), atau setelah peristiwa penembakan di masjid New Zealand berlangsung. Dalam penembakan brutal itu tercatat 49 orang tewas dan puluhan lainnya mengalami cedera serius.

Selain kedua subreddit tersebut, r/WPDTalk juga diblokir Reddit karena memuat diskusi tentang apa yang terjadi di subreddit r/watchpeopledie. Awalnya kedua subreddit itu dilaporkan oleh BuzzFeed News karena dinilai melanggar kebijakan konten Reddit.


BACA JUGA

PewDiePie muak namanya disebut pelaku penembakan di New Zealand

F5 Networks akuisisi Nginx seharga Rp9,5 triliun

Ulang tahun ke-30, ini kata pencipta World Wide Web soal internet


"Persyaratan layanan dalam situs kami sangat jelas bahwa mem-posting konten yang menghasut atau menggunakan kekerasan akan membuat pengguna dan komunitas diblokir dari Reddit... Subreddit yang gagal mematuhi aturan-aturan di seluruh situs kami akan diblokir," kata juru bicara Reddit. 

Dilansir Insider (16/3), subreddit r/watchpeopledie sudah berusia tujuh tahun. Subtopik pada platform diskusi tersebut seringkali menampilkan video eksekusi teroris, kematian karena kecelakaan dan rekaman perang. Subreddit itu memiliki lebih dari 400 ribu pelanggan dan telah dievaluasi selama lima bulan terakhir. 

Sementara itu, subreddit r/gore telah memiliki lebih dari 50 ribu pelanggan. Di sini pengguna bisa mendapati foto maupun video yang menampilkan darah. Tentunya konten itu terlarang di platform Reddit. Menurut laporan BuzzFeed News, kedua subreddit itu mem-posting gambar dan video terkait penembakkan massal di masjid Selandia Baru pada Kamis (15/3) malam waktu setempat. 

Sebagaimana diketahui, pelaku penembakan itu menyiarkan aksinya secara langsung di Facebook. Setelah video itu menyebar ke berbagai platform, sejumlah media sosial dan forum internet menghapus rekaman dari platform mereka. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: